Mohon tunggu...
Fajar Gigih
Fajar Gigih Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Masyarakat Desa Selorejo Segera Mempunyai TPST dalam Waktu Dekat, Mahasiswa KKN UM Realisasikan Desain Baru

12 Januari 2020   23:35 Diperbarui: 13 Januari 2020   00:17 48 0 0 Mohon Tunggu...
Masyarakat Desa Selorejo Segera Mempunyai TPST dalam Waktu Dekat, Mahasiswa KKN UM Realisasikan Desain Baru
Bangunan TPST lama

Manfaatkan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang diselenggarakan oleh LP2M UM, Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang (UM) Desa Selorejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang memiliki program yaitu membuat desain baru Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST), program ini dibuat guna membantu melancarkan proses pembangunan TPST yang sebelumnya sudah dilaksanakan namun belum selesai sehingga tidak bisa digunakan oleh masyarakat.

Mahasiswa KKN UM menggandeng pemerintah desa dalam melaksanakan program ini. Hal ini bertujuan supaya informasi yang dibutuhkan mengenai TPST dapat terkonfirmasi dengan jelas sesuai kenyataan di lapangan sehingga desain yang dihasilkan pun akan sesuai dengan kebutuhan Desa Selorejo.

 "Kami atas nama pemerintah desa sangat mendukung program kerja adik-adik KKN UM, sehingga nanti di tahun 2020 awal TPST dapat segera dimanfaatkan" demikian harapan Bu Retno, selaku sekretaris Desa Selorejo ketika ditemui di Balai Desa untuk diskusi program kerja.

Langkah pertama yang dilakukan sebagai bentuk tindak lanjut dari proses diskusi dengan perangkat desa adalah survei bangunan TPST Lama. Pada pelaksanaan survei ini Mahasiswa KKN UM melakukan analisa kondisi dan pengukuran bangunan lama. Nantinya, hasil pengukuran akan dijadikan dasar membuat desain yang baru sehingga pada proses pembangunan selanjutnya pihak desa tidak perlu merusak bangunan lama yang sudah ada dan hanya perlu memperbaiki apabila ada kerusakan.

Proses pengukuran bangunan lama oleh mahasiswa KKN UM Desa Selorejo
Proses pengukuran bangunan lama oleh mahasiswa KKN UM Desa Selorejo
Rosim salah satu mahasiswa KKN UM menyatakan "Kedepannya kami berharap TPST dengan desain yang baru ini segera selesai dibangun lalu dapat digunakan secara maksimal oleh masyarakat setempat. Dengan begitu masyarakat tidak lagi membakar sampah rumah tangga di belakang rumah atau membuang sampah pada sungai".

VIDEO PILIHAN