Mohon tunggu...
Fajar Firmansyah
Fajar Firmansyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Sunda 18

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Strategi Pembelajaran dengan Pendekatan Humor

16 Oktober 2021   12:59 Diperbarui: 16 Oktober 2021   13:22 49 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Program KKN Tematik UPI mengenai Literasi dan Numerasi yaitu kemampuan atau kecakapan dalam mengembangkan pengetahuan dan keterampilan menggunakan matematika serta didasari percaya diri. Literasi dan numerasi adalah komponen yang sifatnya general dan mendasar. Pengertian literasi dan numerasi terkait kemampuan tentang bahasa serta matematika yang berbagai konteks, baik personal, sosial maupun profesional.

Secara sederhana, numerasi dapat diartikan sebagai kemampuan untuk mengaplikasikan konsep bilangan dan keterampilan operasi hitung di dalam kehidupan sehari-hari dan kemampuan untuk menginterpretasi informasi kuantitatif yang terdapat di sekeliling kita.

Program literasi dan numerasi ini di laksanakan secara luring dan daring (menggunakan media Gmeet) dengan sebuah metode penyampaian berdasarkan strategi pembelajaran pendekatan humor. Sasaran program literasi dan numerasi ini yaitu siswa-siswi SDIT-TQ Imam Nawawi Linggajaya. Program-program yang dilaksanakan yaitu memberikan pemahaman mengenai literasi dan numerasi kepada siswa, memahami soal-soal AN/AKM (diberikan kepada siswa kelas 5), memberikan materi mengenai bahasa Sunda yaitu mengengenai tata tulis dalam bahasa Sunda dan pengucapan kata dalam bahasa Sunda dengan cara membaca sebuah carpon.

Siswa sangat senang dan semangat belajar dikarnakan penyampaian materi kepada siswa dibalut dengan humor. Materi pun dapat dipahami dan siswa dapat fokus terhadap pelajaran yang diberikan.

Guru dan orang tua memiliki peran penting untuk perkembangan pemikiran siswa dalam hal ini guru dan orang tua diharapkan dapat mengarahkan siswa untuk mengaplikasikan literasi dan numerasi dalam kehidupan sehari-hari.

Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan