Mohon tunggu...
Fajar Dwi Mukti
Fajar Dwi Mukti Mohon Tunggu... Dosen

Pegiat Teknologi Pembelajaran dan Dosen Media Pembelajaran

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Media Pembelajaran dalam Perspektif Al Quran

25 Februari 2021   12:52 Diperbarui: 26 Februari 2021   08:24 315 1 0 Mohon Tunggu...

Pendidikan di era pandemi Covid-19 menuntut para pendidik lebih selektif, kreatif dan inovatif dalam penyampaian pembelajaran agar tidak terjadi destingtif dalam penerimaan pengetahuan oleh para siswa, terutama pemilihan penggunaan media. Media pembelajaran dapat diartikan sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar. Media pembelajaran bisa berbentuk apapun, yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perhatian, perasaan, dan kemampuan atau ketrampilan pembelajaran, sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar atau kegiatan pembelajaran. Batasan dari media pembelajaran ini cukup luas dan mendalam, dengan mencakup pengertian sumber, manusia dan lingkungan serta metode yang dimanfaatkan dari tujuan pembelajaran atau pelatihan. (Mukti, F.D., 2019:311).

  • Fungsi media dalam proses pembelajaran adalah sebagai media penyampai informasi. Pemakaian media pembelajaran dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan keinginan dan minat anak dalam belajar. Selain membangkitkan minat dan keinginan anak media pembelajaran juga membantu proses penyajian materi dan pemahaman anak terkait materi. Empat fungsi media pembelajaran terutama media visual menurut Levie dan Lentz adalah :
  • Fungsi Atensi : Media pembelajaran berfungsi sebagai inti di mana mampu menarik dan mengarahkan perhatian siswa agar dapat berkonsentrasi pada isi pelajaran yang berkaitan dengan makna visual yang ditampilkan atau menyertai teks materi pelajaran. Sangat sering ditemui bahwa siswa tidak fokus terhadap pembelajaran yang dilakukan, namun setelah menggunakan media pembelajaran kemudian siswa tersebut dapat lebih diarahkan untuk memperhatikan media pembelajaran yang digunakan.
  • Fungsi Afektif: Dapat dilihat dari kenikmatan siswa ketika belajar teks yang disertai gambar. Media pembelajaran visual mampu menggugah emosi dan sikap siswa, siswa dapat menganalisis dan menanggapi dengan perbuatan terhadap fenomena yang ditampilkan. Media pembelajaran juga membuat siswa tidak pasif, bahkan siswa juga mempelajari dan mempraktikkan penggunaan media pembelajaran yang digunakan.
  • Fungsi Kognitif: Media pembelajaran visual yang berisi lambang-lambang visual atau gambar dapat memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat informasi atau pesan yang terkandung pada apa yang ditampilkan.
  • Fungsi Kompensatoris: Media visual yang memberi konteks untuk memahami teks membantu siswa yang lemah dalam membaca untuk mengorganisasikan informasi dalam teks dan mengingatnya kembali. Media pembelajaran mampu mengakomodasi peserta didik yang lemah dan lambat menerima dan mempelajari pelajaran yang disajikan tanpa menggunakan media (Azhar, 2013:10).

Penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran penting untuk dipahami lebih mendalam. Entitas dari media pembelajaran pada prakteknya berdasarkan Al-Qur'an memiliki beberapa jenis yaitu:

  • Media Auditif

Media Auditif adalah media yang hanya menggunakan kemampuan suara (Idrus, A., 2016:142). Sumber penyampaian pesan yang berkaitan dengan suara, dapat diambil dari kata menjelaskan, ceritakan, dan kata-kata lain yang memiliki diksi semakna. Ayat-ayat di dalam al-Qur'an yang semakna pada penjelasan diatas, di antaranya surah Al-Isra' ayat 14, Al-Ankabut ayat 45 dan Al-Muzammil ayat 20.

  • Media Visual
  • Media Visual adalah media yang hanya menggunakan indra penglihatan (mata) (Idrus, A., 2016:142). Media visual di dalam Al-Qur'an terdapat pada surah Al-Baqarah ayat 31 yang menjelaskan bahwa Allah SWT mengajarkan kepada Nabi Adam a.s. tentang nama-nama benda seluruhnya yang ada di bumi, kemudian Allah memerintahkan kepada malaikat
    untuk menyebutkan-nya, yang sebenarnya belum diketahui oleh para malaikat. Benda-benda yang disebutkan oleh Nabi Adam a.s. diperintahkan oleh Allah Swt. tentunya telah diberikan gambaran bentuknya oleh Allah SWT.
  • Media Pembelajaran Berbasis Teknologi

Awal penggunaan teknologi komunikasi pembelajaran dapat kita temui pada surah An-Naml ayat 29 -- 30, yaitu tentang cerita Nabi Sulaiman dan Ratu Balkis. Berdasarkan potongan cerita Nabi Sulaiman dan Ratu Balqis pada surah An-Naml ayat 29-30 memberikan gambaran tentang teknologi komunikasi yang canggih pada masa itu, yaitu Nabi Sulaiman menggunakan burung Hud-Hud untuk menyampaikan pesan dalam bentuk surat yang disampaikan kepada Ratu Balqis, sehingga pesan yang disampaikan dapat diterima sampai pada tujuan yang dikehendaki. Bahkan Nabi Sulaiman telah memperlihatkan teknologi yang lebih canggih di istananya, dengan teknologi itu mampu meyakinkan Ratu Balqis tentang kekuasaan dan ke Esaan Allah SWT. Kejadian tersebut di abadikan pada ayat berikutnya, surah An-Naml ayat 44.

  • Berdasarkan pemahaman di atas, secara historis Al-Qur'an telah memperkenalkan jenis-jenis media yang dapat digunakan oleh seorang pengajar dalam penyampaian pembelajaran. Islam dengan segala kelebihannya mampu menunjukkan begitu kompleks serta komprehensif dalam memberikan contoh kegiatan pembelajaran yang efektif dan efisien.

DAFTAR PUSTAKA

Azhar, Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press, 2013

Idrus, A., "Pengembangan Augmented Reality Sebagai Media dalam Meningkatkan Pemahaman Teks Bacaan", dalam Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol. 18, No. 3 Desember 2016.

Mukti, F.D., "Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) di Kelas V MI Wahid Hasyim", dalam Jurnal Elementary, Vol. 7, No. 2 Juli-Desember 2019.

VIDEO PILIHAN