Mohon tunggu...
Fajar Aljovi
Fajar Aljovi Mohon Tunggu... ilmu Komunikasi

Mahasiswa ilmu komunikasi.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pancasila sebagai Sistem Filsafat dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara di Lingkungan Kampus

16 Juni 2021   02:27 Diperbarui: 16 Juni 2021   02:31 33 2 0 Mohon Tunggu...

Menerapkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari sangatlah penting terutama pancasila sebagai sistem filsafat yaitu suatu bagian yang berhubungan dengan saling bekerjasama atau bergotong royong dapat dilihat dari sila satu dengan sila yang lain untuk tujuan tertentu yang merupakan suatu kesatuan yang utuh untuk mendirikan bangsa dan negara ini.

Filsafat pancasila juga memiliki fungsi dan peran dan pedoman pegangan sikap yang dapat di terapkan bagi mahasiswa di kehidupan sehari-hari di kampus, serta dalam perbuatan atau tindakan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Benar sekali, setiap nilai-nilai pancasila yang terkandung dalam sila-sila pancasila harus dijadikan dasar dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara terutama di kampus tempat kita mencari ilmu yang dimana orang-orang yang temui bisa berbeda tiap waktu.

Pancasila sebagai filsafat adalah kesatuan dari beberapa unsur yang memiliki fungsi sendiri dengan tujuan yang sama,saling terikat dan ketergantungan. Filsafat adalah upaya kita manusia mencari kebijaksanaan hidup dalam membangun peradapan manusia.

salah satu contoh yang dapat diambil adalah dalam kehidupan sehari-hari di kampus kita bertemu dengan teman teman yang berasal dari berbagai kota dan provinsi yang sama dengan kita memiliki tujuan yang sama untuk menimba ilmu, dan kita juga dapat menghargai perbedaan diantara kita terutama di dalam bahasa , karena dengan ini bisa menerapak pancasila yaitu persatuan indonesia baik itu agama yang berbeda,warna kulit, dan lain-lain tapi kita tetap lah satu kesatuan dengan semboyan Bhineka tunggal ika yaitu walaupun berbeda beda tapi tetap satu.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x