Mohon tunggu...
Fajar adrian
Fajar adrian Mohon Tunggu... Editor - Editor

Hai pada penggemar informasi, nama saya fajar adrian jurusan ilmu komunikasi dengan konsentrasi di bidang jurnalistik

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Pengalaman Menjadi Anak-anak SCBD Fasion Week

5 Agustus 2022   20:07 Diperbarui: 5 Agustus 2022   20:09 186
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

SCBD singkatan dari SUDIRMAN CENTRAL BUSINES DISTRICT yang terletak di daerah jakarta Selatan dengan mendapatkan rating 4,5 pada penilaian sesuai aplikasi di google. SCBD sendiri didirikan pada tanggal 01 april 1987 dan mulai beroperasi pada tahun 1989. Kantor pusat SCBD berlokasi di Gedung Artha Graha - Lantai 12, kawasan Niaga Terpadu Sudirman ( KNTS ), Jalan Jendral Sudirman Kavling 52 - 53, Jakarta Selatan.

Mengutip pada artikel ini dengan latar SCBD tidak mungkin tidak ada orang yang tau tempat tersebut, karena tempat tersebut sudah menjadi sorotan bagi para seniman yang suka menggambil referensi gambar untuk dijadikan sebuah karya, tak hanya daerah nya saja, gedung, jalan, tata letak bangun dan design nya pun menjadi point tambahan sebagai tempat seniman.
Belakangan ini SCBD sendiri sedang menjadi salah satu tempat yang viral pada tahun 2022, dengan nama yang beredar yaitu SUDIRMAN FASION WEEK. Mungkin hal ini mengubah suasana tempat tersebut meski pada dasarnya SCBD sendiri sudah terkenal dalam beberapa tahun terakhir. Mengapa terkenal ? Apa alasannya akhir - akhir ini menjadi sangat terkenal ? Ya benar, tempat tersebut terkenal karena fenomena yang tidak terguna yang terjadi oleh anak - anak yang ngongkrong di sana.

Orang - orang yang nongkrong di sana memiliki tampilan yang berbeda dan datang dari daerah yang berbeda juga, ada yang berasal dari Depok, Bogor, Citayema, bahkan ada yang dari daerah Bandung, sungguh menarik tidak heran, karena dengan adanya anak - anak yang berdatangan dari berbagai macam daerah, tempat tersebut menjadi spot baru bagi mereka, mulai dari mengambil gambar untuk di unggah di media sosial, membuat video untuk sebuah tugas pendidikan sampai membjat karya yang akan di terbitkan di media yang mengandung audio visual seperti TikTok, Youtube, dan Instagram.

Tempat tersebut viral dikarenakan beberapa orang salah satunya BONGE yang artinya ( Bojong Gede ). Orang tersebut viral dengan gaya berpakaian nya yang unik, tak hanya bonge, ada beberapa anak yang viral juga. Saya pribadi sudah melihat suasana SCBD itu sendiri dikarenakan saya penasaran seperti apa suasana Sudirman Fasion Week yang viral saat ini.

Saya mengunjungi tempat tersebut pada hari Selasa 2 agustus 2022 lalu, dan pada saat saya sampai disana tidak begitu ramai, mungkin saya datang ke sana pada hari biasa bukan pada WeekEnd, tetapi kondisi disana tetap ramai dan tentunya masih ada penjagaan pada protokol kesehatan yang di atus oleh petugas setempat. Pada saat tiba disana, banyak orang yang melakukan pengambilan gambar, mulai dari membuat suatu video clip untuk musik, pengambilan gambar kepada orang yang berpenampilan menarik, membuat suatu grup yang berisikan orang - orang dengan melakukan sebuah coreo musik tradisional.

Mungkin bagi saya pada hari itu seperti hari biasa tetapi saya salah karena hal tersebut merubah pandangan saya pada saat malam hari, kenapa ? Karena ketika saya mengambil beberapa gambar untuk dokumentasi artikel ini saya tidak sengaja melihat seorang artis indonesia datang ke tempat tersebut. Siapakah dia ? Ya benal seperti gambar di bawah meski sedikit tidak terlihat setapi artis tersebut bernama Baim Wong, salah satu Public Figur yang terkenal di Indonesia.

Saya sedikit kaget karena dia melintas dihadapan saya ketika saya sedang mengambil sebuah video untuk saya jadikan konten di akun sosial media saya. Tak sadar saya berkata dengan keras dengan menyebut namanya " Baim wong ?" Tanpa ada beberapa waktu dengan ucapan saya, pengunjung di dekat are tersebut langsung melihat ke arah nya dan berkata " ada Baim wong ", terlanjur saya terkejut dengan perkataan saya lalu saya tidak sempat menghapirinya karena banyak sekali penduduk yang merapat ke arah nya untum meminta foto bareng, spontan saya menghindar menjauh dengan alasan " itu sangat ramai dan rusuh ".

Tak menyangka saya berpaspasan dengan seorang Public Figursecara langsung, meski saya tau alasan Public Figur bisa berada disana tentunya karena fenomenal viral SCBD tersebut, bahkan setelah saya berkunjung kesana saya sempat riset tentang Public Figur yang sudah datang kesana, dan itu banyak sekali.

Banyak orang yang berpendapat tetang artis yang berkunjung kesana sebagai suatu hiburan dikarenakan bisa berfoto bareng beraama artis tanpa harus melihat mereka syuting sebuah film. Tetapi banyak juga yang berpendapat bahwa kejadian tersebut bisa menimbulkan berita baru seperti meningkatnya angka Covid - 19, saya pun berpendapat hal itu ada benarnya karena dengan keramaian yang mendadak terjadi bisa menjadi suatu masalah pada virus yang sedang di alami di negara Indonesia itu sendiri.

Pendapat dari berbagai macam sifat oranf saya analisa di sebuah media sosial yang bernama TikTok, video yang ada di sana banyak sekali pro dan kontra akan fenomena yang viral itu, mulai dari orang yang menyampaikan kritikan, bahkan pujian yang berlebihan, itu bisa menyebabkan munculnya isu pada beberapa orang. Tetapi dengan keadaan yang seperti ini saya berharap sebagai seseorang yang aktif di media sosial tidak terjadi hal hal yang tidak di inginkan dan semoga dengan keadaan tersebut tidak menjadi beban untuk masyarakat kedepan nya.

" artikel ini dibuat berdasarkan fakta di lapangan, dengan mengikuti protokol kesehatan dan menyantumkan bukti kejadian "

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun