Mohon tunggu...
Faizarma Rahmat Naufal
Faizarma Rahmat Naufal Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

English Literature 2021, UNISSULA

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Indonesia dengan Segala Perbedaannya

18 September 2021   18:27 Diperbarui: 18 September 2021   18:50 57 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Indonesia dengan Segala Perbedaannya
keragaman-bahasa-6145caeb0101900f703af502.jpg

Bawen (18/9/2021) "Bangsa ini kuat justru karena perbedaan yang ber-Bhinneka Tunggal Ika. Kita mempunyai begitu banyak suku bangsa, bahasa, dan budaya yang berbeda-beda, tetapi itulah kekuatan kita," ujar mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Jakarta.

Pancasila sila ke-3 yang berbunyi, "Persatuan Indonesia" memiliki makna yaitu mengutamakan kerukunan serta persatuan bagi seluruh rakyat Indonesia yang tidak lepas dari keunikan negara Indonesia dimana suku, budaya, bahasa, dan juga kepercayaannya yang begitu beragam.

Keberagaman itulah yang menjadi keunikan serta kekuatan bangsa Indonesia, rakyat turut serta bersama-sama berjuang membangun negara yang maju dan adil. Seperti yang Bapak Jusuf Kalla sampaikan, "Perbedaan di negara kita ini jangan justru membawa perpecahan, persatuan dan juga kesatuan merupakan harga mati bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia yang harus kita jaga bersama. Mari kita bayangkan kalau negeri ini pecah, ini akan membuktikan ragam dan indahnya suku serta adat istiadat yang ada di negara kita tercinta Indonesia. Inilah yang menjadikan kita kuat," tegasnya.

Saya adalah mahasiswa yang sekarang menempuh pendidikan di kampus Islam, juga sempat mengalami culture shock pada masa awal perkuliahan, dikarenakan bertemu dengan teman se-kampus dari berbagai daerah yang berbicara dengan logat atau bahasa mereka yang tidak saya ketahui sebelumnya, karena perbedaan itulah saya menyadari bahwa inilah Indonesia, dengan segala keunikan bahasa yang digunakan oleh rakyatnya, membuat saya mencoba untuk beradaptasi serta mengamalkan Pancasila sila ke-3, "Persatuan Indonesia".

Meski dengan perbedaan bahasa daerah yang mereka gunakan, tidak membuat saya mengalami kendala apapun untuk memahami mereka karena adanya bahasa negara tercinta kita, bahasa Indonesia. Saya bisa mengenal mereka dengan baik, menciptakan hubungan pertemanan yang kokoh dan dengan keberagaman bahasa dan budaya di negeri ini, saya bisa mendapatkan banyak pengetahuan dan pengalaman dari mereka, yang tentunya memiliki keunikannya tersendiri. Walau dengan berbagai keberagaman itu, tidak luput dari semboyan Bhinneka Tunggal Ika, yang memiliki arti "Berbeda-beda tetapi tetap satu".

"Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia."

Kita Indonesia, satu dalam keberagaman.

Oleh : Faizarma Rahmat Naufal / Kelas L1 / Sastra Inggris 2021 / Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi / UNISSULA

Dosen Pengampu : Dr. Ira Alia Maerani, S.H., M.H.

Mohon tunggu...
Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan