Mohon tunggu...
Faiz Al-Qurni
Faiz Al-Qurni Mohon Tunggu... -

Freelance Web Designer & Front-End Developer | Blogger & Social Media Addict | Wordpress Enthusiast | Mac User

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Pengalaman Menggunakan Macbook Pro

25 Mei 2012   01:35 Diperbarui: 25 Juni 2015   04:50 954
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sesuai dengan janji saya di artikel sebelumnya, disini saya akan menjabarkan pengalaman pertama saya menggunakan platform mac os di macbook pro setelah beberapa tahun jenuh menggunakan si jendela (baca:windows). Apa sih enaknya pake mac? Penyesuaian apa saja yang harus saya lakukan?

Intro

Sebenarnya keputusan saya untuk migrasi ke mac os cukup nekat juga. Karena sebelumnya saya belum punya dasar/pengalaman menggunakan os berbasis UNIX, maklum di indonesia kan windows yang paling populer. Selain itu jarangnya teman/kerabat yang menggunakan OS ini membuat saya berpikir dua kali, takut kalau nantinya ada masalah atau kesulitan menggunakannya saya jadi bingung sendiri, hehe. Namun setelah baca2 resource di internet yang cukup melimpah, saya malah tambah yakin untuk migrasi ke sistem operasi berlogo buah apel ini. Yah, mac os memang didesain dengan mempertimbangkan user-friendly (simpel dan mudah digunakan). Nyatanya saya memang tidak butuh waktu lama untuk menyesuaikan diri dengan sistem operasi yang satu ini. Berikut sekelumit adaptasi yang akan anda jalani saat memulai menggunakan mac os :

1. Interface

Yah, hal pertama yang harus anda adaptasi dari mac tentu saja interface/tampilan nya. Tampilan mac memang sedikit berbeda dengan windows (perbedaan yang lebih baik tentu saja menurut saya, haha). Baik dari segi layout maupun ui(user interface), mac memang sedikit lebih baik daripada windows. Tampilan yang tajam, ikon2 detail yang keren, ah sulit rasanya mengungkapkan betapa bersih, rapi dan tajamnya interface mac os ini. Berikut beberapa screenshot tampilan mac os yang saya capture.

menu mac osMenu mac os diatas berguna untuk menampilkan aplikasi yang sedang aktif. Tidak seperti di windows, untuk keluar dari aplikasi di mac kita harus klik nama aplikasi - kemudian pilih quit.
dock mac os
dock mac os
dock mac osDock berguna untuk menampilkan deretan shortcut aplikasi (kalau di windows namanya start menu). Selain itu dock juga menampilkan indikator aplikasi yang sedang anda jalankan. Biasanya aplikasi yang sedang aktif akan memunculkan bayangan cahaya biru dibawah ikon aplikasi yang bersangkutan.
finder mac os
finder mac os
finder mac osFinder di mac os sama halnya dengan windows explorer. Berguna untuk melihat direktori mac, membuka dan mengeksplorasi file.

2. Trackpad

Trackpad (atau biasanya disebut touchpad) di macbook merupakan salah satu fitur yang luar biasa. Lebih dari sekedar touchpad lain yang berfungsi menggerakkan pointer, klik kiri, klik kanan, drag n drop, trackpad macbook mampu digunakan secara kombinasi (1 jari, 2 jari, 3 jari bahkan sampai 4 jari) serta mampu disetting sedemikian rupa untuk memudahkan operasi mac anda. Sekali menggunakan trackpad macbook, mungkin anda akan mulai melupakan mouse, haha. Berikut video singkat mengenai macbook trackpad yang menarik untuk disimak. [youtube=http://www.youtube.com/watch?v=T63BDr3RLb8&w=640&h=360]

3. Aplikasi

Aplikasi di mac os memang tidak jauh beda dengan aplikasi2 lainnya. Hanya saja untuk metode instalasi, di mac os kita tinggal drag n drop file aplikasi ke folder application, maka aplikasi langsung terinstall.Yah, itu saja mudah bukan? Tidak perlu melakukan step2 aplikasi layaknya di windows (klik next2 mulu sampe finish). Namun untuk beberapa aplikasi2 kompleks seperti (adobe/ms office/ilife) kita tidak bisa menggunakan drag drop untuk instalasinya.

aplikasi mac os

4. Keyboard

Keyboard macbook tidak jauh berbeda dengan keyboard konvensional model qwerty. Hanya saja ada beberapa tombol tambahan seperti command (mirip tombol windows), option (alt), control (ctrl).

keyboard macSebenarnya masih banyak fitur2 mac lain yang belum saya sampaikan disini. Mungkin akan saya bahas di artikel2 selanjutnya saja, karena saya masih cukup sibuk untuk saat ini. Sampai jumpa, jangan ragu untuk terus belajar! *) Artikel ini saya tulis bukan bertujuan untuk mendiskreditkan sistem operasi windows, hanya untuk perbandingan saja. Saya pun masih menggunakan windows di pc pribadi saya. Yah, masing2 sistem operasi mesti memiliki kelebihan dan kekurangan masing2 bukan? Sumber : http://faizdesign.wordpress.com

Mohon tunggu...

Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun