Mohon tunggu...
Faizal Nur Rohman
Faizal Nur Rohman Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UIN Walisongo Semarang

Capture the moment

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pemberdayaan Pemuda Melalui Pendidikan Keagamaan

18 Agustus 2022   13:51 Diperbarui: 18 Agustus 2022   13:54 80 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Dokumentasi Pemberdayaan Remaja Masjid (05/07/22) Dokpri

Sepanjang sejarah peradaban bangsa di manapun, pemuda merupakan salah satu aset bangsa yang tidak akan ternilai harganya. Hal ini disebabkan karena pemuda merupakan agen perubahan (agent of change) yang akan sangat menentukan kemajuan atau kemunduran suatu bangsa. 

Sepanjang bangsa Indonesia ini berdiri, pemuda telah banyak menorehan sejarah yang berupa manifesto heroic dengan mendeklarasikan Sumpah Pemuda tahun 1928. Selain itu, tahun 1998 pemuda Indonesia pun melakukan revolusi terhadap pemerintahan orde baru, menuju pemerintahan reformasi.

Namun pada akhir-akhir ini akibat dampak dari globalisasi membuat menurunnya moralitas serta nilai-nilai religius di kalangan generasi muda atau pemuda saat ini. 

Permasalahan yang dihadapi para pemuda tentunya bervariasi sesuai dengan situasi dan kondisi, macam dan tingkatannya yang dihadapi pemuda saat ini dimana ketika tidak diatasi maka fungsi dari pemuda itu sendiri sebagai penerus bangsa akan kehilangan arah. 

Di samping berbagai permasalahan yang sedang dihadapi oleh para pemuda, pada dirinya juga pasti melekat berbagai potensi yang sangat penting. Bila potensi tersebut dapat dikelola dengan baik, maka potensi tersebut menjadi salah satu modal dasar pembangunan untuk kemajuan Bangsa Indonesia.

Memperhatikan berbagai potensi yang melekat pada diri pemuda, maka pemberdayaan pemuda merupakan suatu hal yang harus dilakukan, agar para pemuda itu sendiri menyadari akan potensi yang ia miliki, sehingga mampu berperan lebih besar dalam pembangunan bangsa. 

Salah satu pemberdayaan yang perlu dilakukan adalah melalui pendidikan keagamaan. Hal ini dikarenakan pendidikan keagamaan berhubungan dengan pembinaan moral dan karakter sebagaimana disampaikan Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan Nasional (2010:3) bahwa pembinaan moral merupakan solusi dalam mengatasi penurunan karakter bangsa.

Pemberdayaan adalah proses peningkatan kemampuan dan daya seseorang sehingga dengan pemberdayaan dapat memenuhi kebutuhan dasar hidup, bebas dari kelaparan, bebas dari kebodohan, bebas dari penderitaan, dan finansial. Kemampuan Anda akan meningkat dan Anda akan dapat berpartisipasi dalam berbagai kegiatan baik itu kegiatan sosial maupun dalam proses pembangunan. 

Sedangkan pengertian pemuda Menurut Mulyana (2011), definisi pemuda adalah individu yang memiliki karakter dinamis, yang berarti bisa memiliki karakter yang bergejolak, optimis, dan belum mampu mengendalikan emosinya secara stabil.

Perberdayaan pemuda merupakan suatu proses dalam meningkatkan kemampuan dan daya pemuda, sehingga dengan pemberdayaan tersebut pemuda menyadari akan potensi yang dimilikinya, mampu menggunakan potensi tersebut dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya, dan mampu berpartisipasi dalam berbagai kegiatan sosial maupun dalam proses pembangunan. 

Pemuda memiliki beberapa potensi luar biasa yang melekat dalam dirinya antara lain, berani, kuat secara fisik, komunikasi dan jaringan luas, pemikiran yang belum terkontaminasi (idealis), kreativitas yang tinggi, semangat dan pantang menyerah, dan mempunyai jiwa sebagai pelopor. Berbagai potensi tersebut sejatinya melekat dalam diri seorang pemuda inilah yang membuat pemuda memiliki peran penting sebagai agen perubahan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan