Mohon tunggu...
Faizal Chandra
Faizal Chandra Mohon Tunggu... Relawan - Guru Matematika

terus belajar dan terus belajar untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Integrasi Peluang dalam Kehidupan

28 Maret 2020   08:27 Diperbarui: 28 Maret 2020   08:38 1650
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dok. Pribadi (Slide PPT KDM Faizal Chandra)

Belajar matematika, belajar kehidupan. Segala sendi kehidupan kehidupan manusia selalu terhubung atau berkorelasi dengan matematika baik secara langsung maupun tidak langsung, oleh karena itu matematika sangat penting untuk dipelajari dan dipahami. Terdapat sebuah ungkapan sindiran untuk orang -- orang yang membenci matematika "jika engkau benci dan tidak ingin mempelajari matematika, maka artinya kamu telah siap untuk mati".

Matematika sangat penting untuk dipelajari, namun masih banyak orang yang kesulitan dalam memahami matematika dan bahkan matematika acapkali disebut mata pelajaran yang susah dan kurang digemari oleh para siswa. Dalam hal ini, tidak bisa serta merta menanggap ini kesalahan materi yang ditetapkan atau guru yang kurang pandai menyampaikan materi ataupun siswa yang tidak mampu menangkap materi walaupun sudah dijelaskan dengan berbagai metode. Karena sejatinya permasalahan matematika ini cukup kompleks, setiap manusia tidak ada yang sempurna karena memiliki kelebihan dan kekurangan masing -- masing dan hal tersebut yang selalu memacu guru untuk menemukan ide -- ide baru terkait pembelajaran dan membuat para siswa mudah untuk memahami materi nya.     

Pada saat ini sudah banyak metode, model, maupun strategi baru terkait pembalajaran matematika yang dikembangkan. Disamping mengembangkan hal-hal baru terkait pembelajaran, guru pun dituntut untuk menghubungkan (mengintegrasikan) matematika dengan kegiatan sehari -- hari agar memudahkan siswa dalam mempelajari dan memahami matematika.

Saya pun mencoba mengintegrasikan peluang dengan kehidupan sehari -- hari. Pada jenjang kelas 8, para siswa baru diperkenalkan dengan peluang sederhana. Materi nya masih berkutat seputar titik sampel, ruang sampel, dan kejadian. ruang sampel adalah himpunan dari semua hasil yang mungkin pada suatu percobaan/kejadian, sedangkan titik sampel merupakan anggota-anggota dari ruang sampel atau kemungkinan - kemungkinan yang muncul, dan kejadian merupakan himpunan hasil tertentu dalam ruang sampel atau dapat dikatakan sebagai himpunan bagian dari ruang sampel suatu percobaan.

Dalam mengintegrasikan peluang (ruang sampel, titik sampel, dan kejadian) dalam kehidupan sehari -- hari, dapat digunakan permainan monopoli atau ular tangga dengan mencari peluang muncul nya mata dadu untuk mendapatkan lokasi atau nilai yang diinginkan. Saya pun mencoba menggunakan peluang penukaran untuk mendapatkan daging sapi atau kambing saat hari raya idhul adha. Dengan permasahan sebagai berikut :

Pada saat hari raya idul adha, panitia kurban SMP X membagikan 1 kupon pengambilan daging kepada seluruh siswa dan 1 kupon tambahan untuk siswa kurang mampu atau yatim piatu. Misalkan dalam penukaran kupon setiap orang mendapatkan daging kurban secara acak (kambing dan sapi), jika yusuf memiliki 2 kupon maka tentukan ruang sampelnya!.

Dengan cara mendaftar, akan di dapatkan data sebagai berikut :

1. Kupon 1 mendapatkan daging kambing

2. Kupon 1 mendapatkan daging sapi

3. kupon 2 mendapatkan daging kambing.

4. kupon 2 mendapatkan daging sapi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun