Mohon tunggu...
Faizal Chandra
Faizal Chandra Mohon Tunggu... Relawan - Guru Matematika

terus belajar dan terus belajar untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Pentingnya Astronomi Menjadi Mata Pelajaran Wajib di Sekolah

13 Maret 2019   06:28 Diperbarui: 13 Maret 2019   13:26 770
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi: bbc.co.uk

Suatu hari saat saya masih duduk di bangku SMA, saya menemukan sebuah buku yang menarik di antara sebuah rak buku. Buku itu adalah tentang astronomi, buku yang membuat saya mengenang masa kecil ketika bercita-cita menjadi Astronot karena film kartun yang ditayangkan di televisi saat saya kecil.

Saya ingat betul betapa asyiknya saya membaca buku astronomi dalam tiap lembarnya, semakin dibaca semakin ingin tau lagi halaman selanjutnya dan akhirnya saya mengikuti pelatihan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Astronomi di sekolah saya. Di samping dari ajakan teman yang sudah ikut terlebih dahulu dan juga ketertarikan saya untuk mendalami Astronomi.

Semakin hari saya terus memperdalam astronomi dengan membaca buku-buku astronomi dan membaca beberapa artikel mengenai astronomi, tak jarang pula saya mengerjakan beberapa soal astronomi. 

Dan akhirnya waktu seleksi OSN Astronomi tingkat kota tiba, seketika beberapa ingatan saya tentang astronomi seakan-akan hilang karena gugup pertama kali mengikuti OSK. 

Namun akhirnya saya dapat menjawab semua soal walaupun tidak tau benar salahnya. setelah menunggu beberapa minggu, pengumuman lolos tingkat kota tiba dan perwakilan sekolah saya tidak ada yang lolos dan hanya mendapatkan peringkat 20 besar (teman saya). 

Rasa kecewa mungkin ada namun hal ini tidak membuat saya patah semangat. Namun setelah saya naik ke kelas 3 SMA, saya sudah jarang membaca buku astronomi karena lebih disibukkan dengan persiapan UN dan UAS.

Lalu beberapa hari yang lalu saat mengikuti Pre Test TOEFL. Terdapat pertanyaan tentang astronomi dan ada beberapa teman saya yang tidak mengetahui apa itu astronomi, padahal astronomi sudah diajarkan pada saat SD Sampai SMA, walaupun tidak terang-terangan menyebutkan Astronomi. 

Seperti pada jenjang SD dan SMP diselipkan pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan pada jenjang SMA diselipkan pada mata pelajaran Fisika dengan Gaya Keplernya.

Hal ini menimbulkan pertanyaan dalam diri saya tentang pentingnya astronomi menjadi Mata Pelajaran di sekolah.

Sebelum membahas lebih lanjut, saya ingin menjelaskan pengertian astronomi. Astronomi adalah cabang ilmu alam yang mempelajari benda-benda langit termasuk di dalamnya mempelajari aspek fisika, kimia, biologi, dan juga evolusi dari benda-benda tersebut. 

Tak hanya itu, astronomi juga mempelajari fenomena di luar asmosfer bumi, seperti Black Hole (Lubang Hitam), Ledakan supernova, planet-planet yang belum kita ketahui, dan juga meteor dan bintang-bintang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun