Mohon tunggu...
Faiz chalifah
Faiz chalifah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya mempunyai hobi yaitu olahraga dan saya memiliki kepribadian yang senang dengan hal baru dan konten yang saya gemari adalah berkaitan tentang akademisi.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tantangan Pemerintah dalam Membina Sumber Daya Manusia untuk Menghadapi Era Digitalisasi

6 Juni 2022   17:15 Diperbarui: 6 Juni 2022   17:17 304 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Di era digitalisasi seperti sekarang manusia dituntut untuk bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman. Apabila tidak beradaptasi dan mempertahankan pola pikir lamanya, maka konsekuensinya kita akan ketinggalan

Di dunia berbasis digital yang ditopang oleh teknologi ini menjadikan segala sesuatunya kian mudah baik untuk keperluan berkomunikasi, mengakses informasi yang luas hingga berpeluang besar menopang mata pencaharian.

Lalu bagaimana jika manusia tidak mampu beradaptasi dengan teknologi ditengah kemajuan ini mendominasi keadaan di era sekarang?

Dalam posisi ini tentu saja menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah untuk mengelola sumber daya manusia agar mampu bersaing di era digitalisasi  saat ini.

Tidak hanya untuk masyarakat, perkembangan digitalisasi yang kian pesat ini pada gilirannya juga membantu mempermudah kerja-kerja pemerintah.

Banyak sekali hal-hal yang mampu dimanfaatkan oleh pemerintah melalui teknologi berbasis media sosial seperti Instagram,YouTube,TikTok dan lain-lain.

Tetapi kembali bagaimana pemerintah mengelola dan membina sumber daya manusia yang ada.

Secara sederhana, pembinaan mempunyai arti filosofi mengarahkan, mengembangkan dan memperbaiki keahlian manusia dengan tujuan menyempurnakannya sesuai dengan ekspektasi dari pembinanya.

Dapat di maksudkan disini bahwa pembinaan merupakan kegiatan untuk mengembangkan potensi manusia secara efisien, efektivitas serta meningkatkan kualitas manusia sesuai harapan.

Yang menjadi permasalahan masyarakat saat ini adalah kurangnya arahan dan pelatihan agar mampu mengikuti perkembangan zaman yang kian maju.

Sedikit contoh banyak dari masyarakat yang memiliki ide-ide kreatif tapi yang di permasalahkan kekurangannya alat-alat mesin teknologi yang tujuannya mensupport masyarakat agar mendapatkan hasil karya yang memuaskan. Ini salah satu alasan mengapa masyarakat kurang siap bersaing di era digitalisasi saat ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan