Mohon tunggu...
Faiz Romzi Ahmad
Faiz Romzi Ahmad Mohon Tunggu... Mahasiswa di Perguruan Tinggi Islam di Banten

Menulis adalah tanda bahwa kau pernah hidup

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Day 1 | Menjelang Berbuka

6 Mei 2019   17:09 Diperbarui: 6 Mei 2019   17:19 0 0 0 Mohon Tunggu...
Day 1 | Menjelang Berbuka
Dokpri

Pemerintah sudah menetapkan dan memutuskan awal puasa, berdasarkan kalender masehi awal puasa pada tahun ini jatuh pada tanggal 6 Mei. 

Masyarakat muslim di Indonesia bahkan seantero dunia antusias, gegap gempita, gembira menyambut kehadiran bulan yang penuh mulia.

Allah dalam firmanNya Q.S Al Baqarah 183 "Wahai orang-orang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu/terdahulu, agar kamu bertaqwa" ayat ini mengingatkan ingatan kita akan tujuan dan makna ibadah puasa yang akan kita jalani selama sebulan kedepan, bahwa tujuan dan maknanya adalah untuk kita bertaqwa kepada Allah.

Puasa di bulan Ramadan adalah salah satu arkanul-al islam, titahNya jelas pada makhluk ciptaannya, ayat-ayatNya berbunyi agar makhluknya melakukannya sebagaimana para Nabi melakukannya.

Puasa adalah menahan diri, menahan diri dari makan dan minum dari sejak terbit fajar sampai terbenamnya matahari.

Sering kali kita hanya sebatas menahan diri secara fisik, setelah  seharian menahan lapar dan haus, ketika aturan atau waktu menahan diri (shawm) telah habis atau tiba waktu berbuka, kita menyuguhkan hidangan yang lebih dari cukup, seolah ada upaya balas dendam dengan porsi makan yang berlebih misalnya.

Esensi puasa sebagai stasiun untuk melatih ketakwaan antara hamba dengan RabbNya tidak didapatkan, memprioritaskan nafsu dan mengesampingkan takwa.

Kita harus menegaskan bahwa ibadah puasa bukanlah kegiatan fisik semata, ibadah puasa tidak dimaknai sekadar tidak makan dan tidak minum.

Semoga amal puasa kita diterima oleh Allah dan kita bisa mengambil hikmah dari puasa yang kita jalani.

_____

Day 1 Ramadan