Mohon tunggu...
Faishal Zahy
Faishal Zahy Mohon Tunggu... Mahasiswa

hidup santai...

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Artikel Utama

Dari Hobi Jadi Hoki, Begini Pengalamanku Memelihara Ikan Louhan

18 November 2020   12:32 Diperbarui: 26 November 2020   01:34 438 9 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dari Hobi Jadi Hoki, Begini Pengalamanku Memelihara Ikan Louhan
Dokumentasi pribadi

Bersepeda, berenang, memancing, apakah hobimu hanya sebatas itu? Nggak bosen? Sebenarnya nggak masalah juga sih hobi yang dilakukan apa, yang penting hobi apa yang dilakukan dapat membuat dirimu senang. 

Hobi identik dengan kesenangan dan kegilaan. Terkadang saking senangnya di hobi tersebut, kita sering sampai lupa akan sesuatu yang ada di sekitar kita, terkadang kita juga nggak sadar sudah menghabiskan banyak uang untuk hobi itu, sehingga hobi terkadang perlu dimanfaatkan hingga mendatangkan hoki atau untung.

Ngomong-ngomong soal hobi, kalau pelihara ikan, apakah bisa disebut hobi? 

Saya juga bingung apakah hal tersebut bisa dikatakan iya atau nggak. Rasanya aneh saja kalau ditanya "hobimu apa?", lalu saya jawab "pelihara ikan", hehehe. 

Okelah dari pada banyak basa basi, saya mau menceritakan hobi saya dalam memelihara ikan sejak kecil. 

Sejak awal saya terpana dengan ikan tersebut karena menurut saya memiliki nilai seni tersendiri. Ikan itu memiliki warna corak dan bentuk yang unik, yang mana memiliki benjolan di kepalanya dengan warna merah dan motif yang beragam. Selain itu, untuk memelihara ikan tersebut juga perlu ketelatenan dan juga penting dalam memperhatikan segala aspek.

Kira-kira pembaca dapat menebak jenis ikan yang saya maksud?

Yup, ikan Louhan. Ikan ini sangat cocok untuk pajangan ruang tamu karena kecantikan dan keagresifannya yang dapat memikat mata kita. Untuk menciptakan kualitas ikan yang bagus, tentu harus melalui proses yang sangat panjang dari pemilihan bibit dan perawatan yang maksimal.

Sedikit berkisah, perawatan ikan Louhan tergolong mudah ini, asal filtrasi jalan, air tetap bening, dan pemberian makanan yang teratur dapat membuat ikan Louhan hidup dengan baik. 

Selain itu, banyak orang juga percaya bahwa ikan Louhan itu "Ikan beribu kejutan", yang mana berarti saat kita memelihara ikan Louhan, kita akan menemukan kejutan yang berbeda di setiap ukurannya. 

Serunya memelihara ikan Louhan itu berawal dari pemilihan bibit (burayak), perawatan, sampai size induk akan selalu memberi pengalaman yang berbeda. Tidak seperti memelihara ikan biasa yang mana aspek air, PH, pakan, dan juga suhu tidak perlu terlalu "dipusingkan", sebaliknya dalam memelihara ikan Louhan diharuskan mempersiapkan pakan, filtrasi, air, dan ukuran aquarium sebab sangat mempengaruhi pertumbuhan ikan Louhan. Selain itu, satu ikan juga harus hidup sendiri dalam satu akuarium dan ukuran akuarium yang ideal untuk perawatan ikan ini ialah 40x40 cm dengan tinggi 50 cm. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN