Mohon tunggu...
faisal fahmi mrp
faisal fahmi mrp Mohon Tunggu... Relawan - Pemula bersahaja

Searching.......

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Doa itu Ada

22 Oktober 2018   07:41 Diperbarui: 22 Oktober 2018   08:08 251
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Berdoa merupakan aspek penting dalam ibadah. Tanpa doa, ibadah seakan bagai teh tanpa gula. Tidak etis sebenarnya mengandaikan antara ibadah dengan minuman. Tapi itu aku rasa hanya kiasan Semata. Tidak ada salahnya mengandaikan hal tersebut. Yakan?

Berdo'a bagi saya merupakan permintaan dan harapan sebagai hamba agar keinginan terwujud. Salahkah saya jika meminta sesuatu kepada Tuhan saya?. Justru tidak. Yang salah itu ketika pekerjaan saya hanya sebatas meminta tanpa usaha. Usaha itu  penting buat dilaksanakan, Do'a hanya bumbu  penyedap saja, bagi saya.

Berdo'a tidak bisa dibuat-buat. Kita tidak bisa sekedar pura-pura nangis, dan mengemis dihadapan Tuhan.  usaha tetap harus jadi yang utama kita lakukan.

Pernahkah kalian melihat seorang bayi yang merangkak mengambil botol minuman?. Seberapa besar usahanya?. Seberapa besar harapannya?. Justru usaha bayi itulah yang paling mendominasi untuk mencapai keinginan bayi itu.

Bagaimana dengan kita? Mengapa perlu berdo'a? Bagi manusia yang percaya dengan Dzat yang maha Esa, ini harus dilakukan. Do'a itu ibarat mantra. Coba fikir!

Salam, faisal fm

Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun