Mohon tunggu...
Mukhammad Dzul Nurfaizal
Mukhammad Dzul Nurfaizal Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Hanya seorang pemikir yang menyalurkan pikirannya pada rubrik ini

Ibadah, kerja, belajar

Selanjutnya

Tutup

Gadget Pilihan

Solusi di Saat Kalkulator Ketinggalan

19 Maret 2020   11:44 Diperbarui: 19 Maret 2020   11:48 241
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ketika muncul surat pemberitahuan dari kampus bahwa kuliah tatap muka akan ditiadakan selama 2 minggu karena merebaknya wabah CoVid-19 (coronavirus disease), dan sebagai penggantinya adalah kuliah daring ataupun online melalui media elektronik baik melalui grup WhatsApp maupun aplikasi Google Classroom. Saya pun segera bergegas untuk membereskan barang-barang saya di kamar kost seperti buku ataupun laptop sebagai penunjang kuliah jarak jauh secara daring, saya memutuskan untuk pulang ke kampung halaman karena saya akan merasa gabut jika harus stay di kost-an xD. Dan juga di universitas lain, mahasiswanya dipulangkan ke kampung halaman mereka.

Namun, masalah terjadi ketika saya membuka tugas yang diberikan dosen saya lewat grup WhatsApp, tugasnya berupa soal-soal dan Astagfirullah! Saya tidak membawa kalkulator! Mungkin karena saya tergesa-gesa ketika membereskan barang-barang atau mungkin terlupakan, alhasil saya pun panik dan ingin kembali ke kost-an hanya untuk mengambil amunisi saya yang tertinggal.

Karena bagaimana mungkin mahasiswa Teknik belajar ataupun nugas tanpa kalkulator? Karena tidak mungkin saya kembali ke kost-an hanya untuk mengambil kalkulator, dan juga selama masa 14 hari ini dilarang untuk keluar rumah terlalu sering, maka saya pun mencari scientific calculator di Google karena tentu saja kalkulator di smartphone tidak terlalu akurat.

Pada akhirnya saya menemukan Desmos Calculator, dan ternyata cukup membantu untuk mengerjakan tugas-tugas yang tentu saja penuh rumus dan hitungan sehingga tidak mungkin untuk dihitung secara manual xD. Selain untuk hitungan biasa, kalkulator Desmos juga bisa untuk menghitung istilah ilmiah seperti pecahan, pangkat, akar, sin, cos, tan, log, ln, dan lain-lain sehingga sangat membantu.

Cara menghitung operasi pecaha

dokpri
dokpri
Cara menghitung sinus.

dokpri
dokpri
Nah bagaimana? Mudah bukan? Pastinya gak jauh beda dengan kalkulator ilmiah biasa, hanya butuh koneksi internet saja, dan kalian tidak perlu ribet apalagi panik ketika kalkulator kalian tertinggal, hanya butuh koneksi internet saja xD. Sekian tips dari saya,

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun