Mohon tunggu...
Faisal CahyoLaksono
Faisal CahyoLaksono Mohon Tunggu... Hanya Untuk Bersenang-senang

Wong Biasa

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Peran Mahasiswa dalam Memberikan Edukasi Perihal Covid-19

13 Juli 2020   19:07 Diperbarui: 13 Juli 2020   18:56 1 1 0 Mohon Tunggu...

Pada situasi pandemi Universitas Sebelas Maret (UNS) tetap mengadakan KKN, namun KKN itu tidak seperti KKN seperti tahun-tahun sebelumnya tetapi diubah menjadi KKN Covid-19. Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) melakukan pengabdian masyarakat berdasarkan tema yang dipilih. KKN berlangsung di desa masing-masing selama 32 - 45 hari yang dimulai tanggal 15 Mei – 30 Juni 2020. Salah satu mahasiswa tersebut adalah Faisal Cahyo Laksono (K5117028) dari Prodi Pendidikan Khusus/Pendidikan Luar Biasa yang melaksanakan KKN Covid-19 tahap 1 di Kelurahan Ketanggi RW 02 RT 08, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi. Yang dibimbing oleh Dr. DENY TRI ARDIANTO, S.Sn., MA.

Program kerja yang dilaksanakan terdiri dari program kerja lapangan dan daring melalui beberapa sosial media. Program kerja dimulai dari sosialisasi ke masyarakat, membuat poster perihal Covid-19 dan akan saya sebar ke beberapa WAG karangtaruna dan story sosmed. Selain itu, poster yang telah dibuat akan saya tempelkan ke beberapa titik strategis yang dapat dibaca banyak orang. Pada saat sosialisasi di masyarakat sekitar saya akan memberikan penjelasan tentang Covid-19 dan memberikan beberapa print out poster. 

Selain itu, saya juga akan memberikan beberapa sembako bagi masyarakat sekitar yang sangat memerlukan untuk kelangsungan hidup mereka. Pada program kerja kedua yang bersangkutan tentang Pola Hidup Bersih dan Sehat, saya akan melakukan kegiatan sosialisasi mengenai Pola Hidup Bersih dan Sehat dengan cara memberi tutorial cuci tangan yang benar, etika bersin dan batuk, dan pemakaian masker. 

Kegiatan ini saya lakukan dengan cara membuat video dan juga saya distribusikan di media sosial. Selanjutnya program kerja yang ke tiga adalah Pembentukan kelompok pemuda tanggap dan sehat. Pembentukan kelompok ini dilakukan untuk menjalankan kegiatan penyemprotan desinfektan di desa agar virus-virus di sekitar lingkungan rumah mati.

VIDEO PILIHAN