Mohon tunggu...
Faisal Syarifudin
Faisal Syarifudin Mohon Tunggu... Dosen - di Jogja...

please wait...

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Rendang Onta dan Klasifikasi Coba-Coba

8 Juli 2021   17:15 Diperbarui: 8 Juli 2021   21:34 153 9 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Rendang Onta dan Klasifikasi Coba-Coba
ilustrasi by faisal s

Mengelompokkan sesuatu adalah pekerjaan yang selalu orang lakukan. Misalnya ketika menyimpan pakaian, menata alat-alat makan, menyusun sepatu dan sandal atau membereskan mainan anak-anak. Barang-barang itu bisa dikumpulkan berdasarkan kepemilikan, fungsi, bentuk, ukuran maupun warnanya.

Biasanya kita memisahkan pakaian ayah, pakaian ibu, dan pakaian anak-anak. Kemudian dipisah lagi untuk bagian atas dan bagian bawah badan. Kalau masih ada tempat maka baju, celana, rok atau sarung tidak disimpan di satu rak yang sama.

Enggak hanya orang dewasa, anak-anak TK dan SD sesuai kemampuannya juga mengelompokkan benda-benda menurut bentuk, warna dan ukurannya. Seiring usia dan kecerdasan yang meningkat, pengelompokan itu menjadi bertambah kompleks.

Yoi, kompleks artinya rumit, ruwet. Keruwetan hidupmu terjadi karena umur bertambah, karena sekolah, pergaulan dan problem hidup kamu bertambah. Bacaan kamu ikut bertambah.. ya pastinya gitu dong!

Kita coba nih dengan dunia hewan atau binatang, entah ini dulu pelajaran kelas berapa. Ada herbivora, karnivora dan omnivora. Salah satu cara untuk mengelompokkan hewan adalah berdasarkan makanannya. Herbivora itu yang makanannya dari tumbuh-tumbuhan. Karnivora pemakan daging, hewan makan hewan. Omnivora makan tumbuhan dan makan daging juga.   

Kamu bisa sebut nama hewannya, mana yang masuk herbi, karni, dan omni. Ada lagi lho, insektivora yang di dalamnya termasuk laba-laba, katak, capung, dan cicak. Insektivora maksudnya hewan yang memakan serangga. Silakan kamu & genk mau gabung di mana, bebas aja terserah😊😊😊

Kelompok mereka juga bisa kamu lihat dari habitat atau tempat tinggalnya, caranya berkembang biak, caranya bergerak, dan segi-segi yang lain. Itu baru tentang hewan. Cobalah baca tentang tumbuhan, alam sekitar dan yang lain. Kamu bisa merasakan asyik dan manfaatnya.

Manfaatnya adalah lebih mudah mempelajari dan mempraktikkannya. Mau pelihara hewan di rumah, kamu bisa milih si meong, si guguk atau si beo. Boleh juga ikan-ikanan. Yang penting ngerti cara merawatnya, makanannya dan tempat tinggalnya.

Tanaman sebaiknya juga diketahui pengelompokannya. Tanaman pangan beda dengan tanaman hias. Yang dua itu pun macam-macam pembagiannya. Kamu tidak akan tanam padi di dalam pot dan menaruhnya di teras rumah supaya tamu bisa berfoto selfie, ya ya ya.

Pengelompokan pastinya diatur menurut ciri-ciri tertentu. Sekarang kita sebut saja dengan istilah klasifikasi, kayak yang dipakai di perpustakaan. Yup kenapa perpus?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x