Mohon tunggu...
Faisal Syarifudin
Faisal Syarifudin Mohon Tunggu... di Jogja...

please wait...

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Wikiwand, Melongok Lewat Jendela Lain

19 April 2021   13:15 Diperbarui: 19 April 2021   14:10 137 7 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Wikiwand, Melongok Lewat Jendela Lain
Beranda wikiwand.com

Sudah pernahkah kamu menggunakan Wikiwand?

Wikipedia, mungkin banyak orang sudah familiar dan menggunakannya untuk memperoleh jawaban tentang istilah, orang, peristiwa dan segala hal yang ingin diketahui. Karena terbitnya online, ia meringkas waktumu, cukup dari hape atau laptop berinternet.

Sebagai awalan, ensiklopedia gotong royong ini sangat berguna menunjukkan definisi dan hal ihwal dari suatu topik. Tentu saja kamu harus baca ensiklopedia dan sumber-sumber di perpustakan atau online yang otoritatif, jika ingin lebih lengkap. Penulis entri Wikipedia pun mencantumkan rujukan untukmu di akhir artikelnya. Mulailah dari situ.

Ah…seperti itu kan sudah banyak yang ngomongin. Mau cerita Wikiwand atau apa tadi? Apa hubungannya sama Wikipedia? Sebut-sebut gotong royong lagi.

Wikiwand adalah interface untuk membaca Wikipedia. Isinya ya Wikipedia itu sendiri, tapi kita melihatnya dengan display yang berbeda. Lebih cantik dan modern, sementara si wikped penampilannya begitu-begitu saja.

Jadi maksudnya Wikipedia sudah berubah, bertransformasi menjadi Wikiwand?

Oh, tidak begitu. Kedua-duanya eksis. Tetapi Wikiwand gak ada apa-apanya tanpa Wikipedia. Sebagai interface atau jendela yang berbeda, dia mengambil data yang termuat di website Wikipedia terus menampilkan di halamannya: wikiwand.com. Bedanya dia punya desain sendiri.

Artikel tentang Kompas dalam Wikiwand dan Wikipedia/Tangkapan layar dokpri
Artikel tentang Kompas dalam Wikiwand dan Wikipedia/Tangkapan layar dokpri

Perhatikan di bagian kiri atas terdapat tiga garis untuk menampilkan daftar isi yang dinamis, jadi lebih mudah memilih bagian yang hendak dibaca. Ndak harus sekrol jauh ke bawah. Bagian paling atas dinamakan Introduction. Wikiwand juga mengambil satu gambar di dalam artikel dan menjadikannya cover di intro. Ini soal penampilan.

Penampilan penting agar orang suka dan betah berada di sebuah laman. Sama kayak aku suka ngeliatin kamu yang ngimut-imut. Wikiwand adalah web beriklan, berpesan-sponsor. Makin sering orang mengunjungi, makin banyak iklannya dilihat. Pemasang iklan pun senang, nyeponsori diteruskan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN