Mohon tunggu...
Fairuz Rizky Ramadhani K
Fairuz Rizky Ramadhani K Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Sebelas Maret Surakarta

Seorang mahasiswa Ilmu Komunikasi yang memiliki hobi fotografi dan masih mencoba untuk membiasakan menulis

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Spotify Wrapped, Fitur Kilas Balik untuk Para Pengguna Spotify

1 Desember 2022   00:44 Diperbarui: 1 Desember 2022   00:49 638
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Spotify Wrapped 2022 sumber: yangcanggih.com

Musik rasanya tidak dapat lepas dan hilang eksistensinya dari kehidupan manusia. Seperti ketika kita memutar lagu saat merasa senang maupun sedih. Tetapi, untuk mendukung eksistensi dari musik itu sendiri, tentunya diperlukan sebuah perkembangan, baik itu bagi musik maupun media yang digunakan untuk mendengarkan musik. 

Tentunya musik sendiri telah mengalami banyak perkembangan, seperti rekaman musik yang ditulis melalui not musik, hingga saat ini telah banyaknya rekaman musik yang dilakukan secara digital dengan kualitas suara yang bervariasi. 

Sedangkan salah satu contoh dari berkembangnya media untuk mendengarkan musik saat ini adalah Spotify. Para penikmat musik yang sebelumnya harus menggunakan kaset yang berbentuk fisik untuk mendengarkan musik, kini mereka dapat menggunakan berbagai aplikasi yang tersedia pada handphone maupun laptop, salah satunya Spotify.

Spotify adalah sebuah aplikasi yang menyediakan layanan streaming musik dan podcast yang didirikan pada tahun 2015 di Swedia. Spotify menyediakan hak digital manajemen yang dilindungi konten dari label rekaman musik dan perusahaan media. 

Hal tersebut merupakan salah satu perkembangan pada dunia musik, yang dapat membuat penikmat musik tidak memerlukan kaset fisik untuk mendengarkan musik kesukaannya. Menurut Dataindonesia.id saat ini Spotify sendiri memiliki pengguna aktif sebanyak 443 juta pengguna aktif yang 188 juta diantaranya merupakan pengguna layanan berbayar Spotify.

Untuk terus memanjakan para penggunanya, Spotify melakukan beragam inovasi pada layanannya, salah satunya adalah Spotify Wrapped. Spotify Wrapped adalah salah satu fitur yang disediakan oleh Spotify untuk para penggunanya yang dapat memperlihatkan rekap seperti lagu dan penyanyi favorit yang sering didengarkan oleh penggunanya dalam satu tahun terakhir. 

Biasanya fitur Spotify Wrapped dapat dilihat pada awal bulan desember setiap tahunnya. Namun biasanya Spotify memberikan beberapa perbedaan fitur di dalam fitur Spotify Wrapped setiap tahunnya.

Pada Spotify Wrapped 2022 fitur-fitur yang terdapat didalamnya adalah:

Your Top Genres

Pada fitur ini Spotify memberitahu sekaligus memperlihatkan jumlah genre musik yang didengarkan penggunanya selama satu tahun belakangan dan genre-genre musik favorit yang sering didengarkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun