Mohon tunggu...
Fairuz Febriandy
Fairuz Febriandy Mohon Tunggu... Mahasiswa

terus berkarya

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Budidaya Buah Naga di Kota Bogor

16 Mei 2019   09:51 Diperbarui: 16 Mei 2019   10:19 0 1 1 Mohon Tunggu...
Budidaya Buah Naga di Kota Bogor
Dokpri

Bogor, Buah Naga adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam Buah Naga membuat buah ini menjadi primadona di kalangan masyarakat. Identik dengan simbol keberkahan masyarakat TiongHoa, Buah Naga sebenarnya berasal dari negara Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan.

Kelurahan Loji, Bogor Barat, Kota Bogor Buah Naga dapat tumbuh subur disini. Lahan seluas 5000 Meter ini menjadi rumah bagi kurang lebih 300 tanaman Buah Naga, kebun yang bernama Sabisa Farm ini dikelola oleh mahasiswa Institut Pertanian Bogor sebagai sarana belajar bagi mahasiswa. Tanaman Buah Naga di Sabisa Farm ini dapat dipanen dalam satu tahun pada bulan September hingga bulan April, Tanaman Buah Naga ini termasuk jenis tanaman merambat sehingga membutuhkan bantuan tiang penyangga untuk berkembang.

Perawatan di Sabisa Farm terhadap tanaman Buah Naga dilakukan secara rutin, salah satunya pemotongan sulur atau batang. Pemotongan dilakukan pada sulur atau batang yang telah busuk, sulur yang tidak terpapar sinar matahari, dan juga sulur yang sudah pernah menghasilkan buah atau sudah tua.

Sabisa Farm membudidaya dua jenis Buah Naga, yaitu Buah Naga Merah dan juga Buah Naga Putih. Hasil dari Perkebunan ini di distribusikan untuk wilayah bogor dan sekitarnya. Harga yang dibandrol untuk Buah Naga disini adalah Rp. 25.000,- untuk satu kilogramnya.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x