Mohon tunggu...
Faiq Zulfikri 22
Faiq Zulfikri 22 Mohon Tunggu... MAHASISWA

JAKARTA

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Jarak Aman untuk Cegah Covid-19

20 Januari 2021   20:41 Diperbarui: 20 Januari 2021   20:52 38 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jarak Aman untuk Cegah Covid-19
klikdokter.com

Semua orang harus tahu jika virus corona dapat menyebar dengan mudah pada keramaian ketika penetapan jarak tidak dipatuhi. Proteksi diri sendiri sangat penting agar tidak mudah untuk terserang penyakit tersebut. Salah satu yang harus diketahui adalah jarak aman antara kamu dengan orang lain saat berada di luar ruangan. Dengan selalu menetapkan jarak minimum ini, diharapkan risiko untuk terserang virus corona menurun.

Untuk menetapkan social distancing, setiap orang harus menjaga jarak paling tidak sekitar 6 kaki atau setara 1,8 meter dari seseorang yang kamu tidak yakin terkait kesehatannya. Risiko ini akan lebih tinggi jika kamu melakukan kontak terlalu dekat dalam waktu yang lama. Terlebih lagi jika orang tersebut tidak menggunakan masker.

Penyebaran penyakit ini dapat terjadi saat seseorang yang terinfeksi batuk, bersin berbicara, hingga tetesan liur keluar dari mulut atau hidung dan terbang ke udara. Tetesan tersebut dapat terhirup dan sampai ke paru-paru yang akhirnya menimbulkan infeksi. Meski tidak menimbulkan gejala, tetapi seseorang yang terinfeksi lebih berperan terhadap penyebaran COVID-19 karena menganggap dirinya sehat.

Maka dari itu, cobalah untuk selalu menganggap orang lain dapat menyebarkan virus tersebut meskipun terlihat sehat-sehat saja. Pastikan untuk selalu menjaga jarak kurang lebih 2 meter sebagai pencegahan. Jika kamu mengidap penyakit ini dan tidak menimbulkan gejala, bisa saja penyebaran terjadi di dalam rumah sehingga orang-orang yang kamu sayangi mengidapnya dan mengalami dampak buruk.

Penulis : Faiq zulfikri Mahasiswa Stisip Widuri

VIDEO PILIHAN