Mohon tunggu...
Faiqotul Jannah
Faiqotul Jannah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya mahasiswa UIN KHAS Jember, berdomisili sekitar UIN, Semester 3

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pendidikan di Era Globalisasi 4.0

9 Desember 2022   05:12 Diperbarui: 9 Desember 2022   05:14 100
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pendidikan merupakan aktivitas penting yang dilakukan oleh setiap negara, pendidikan juga dapat diartikan sebagai proses hubungan interaksi antara pendidik dengan siswa yang ada dikeluarga, sekolah maupun di masyarakat dengan adanya pendidikan maka terentuklah seseorang yang cerdas, shaleh, berakhlakul mulia, terampil, dan lain sebagainya yang pada akhirnya juga mencerdaskan kehidupan bangsa. 

Maka dari itu, tidak ada perbedaan dan batasan bagi seseorang siswa baik laki-laki maupun perempuan. Pendidikan dilaksanakan dalam bentuk kegiatan belajar-megajar dilakukan oleh guru dengan siswa yang mana kegiatan tersebut sudah terprogram dan juga bersifat formal

Apa yang dimaksud dengan pendidikan diera globalisasi 4.0?

Pendidikan di era globalisasi 4.0 merupakan masuknya teknologi terhadap dunia pendidikan Sehingga proses interaksi pendidik dengan peserta didik bisa dilakukan dengan menggunakan media yang berbasis teknoogi seperti komputer, telefon, serta televisi. Meeskipun engguanakan media elektronik berbasis IT, guru mengaplikasikannya beragam model sesuai mata pelajaran yang diberikannya. Disisi lain peserta didik juga diajarkan cara memanfaatkan media digitaldalam mengakses materi.

Globalisasi menjadi peluang serta tantangan bagi pendidikan untuk berinovasi mengalihkan aktivitas akademik yang biasanya offline menjadi online, seperti halnya penggunaan sister pada dunia pendidikan tinggi (perkuliahan), dan juga pelaksanaan pembelajaran bisa dilakukan tanpa bertatap muka langsung bisa juga dilakukan dengan melalui zoom meeting dll. Pendidikan di era globalisasi 4.0 sudah banyak diterapkan dilingkungan sekolah.

apakah kedudukan seorang guru dapat tergantikan dengan IT?

 Kedudukan seorang guru tidak akan pernah tergantikan adanya teknologi, karena kedudukan teknologi atau IT hanya menyelaraskan pada dunia pendidikan, jadi dengan adanya guru dapat memberikan inovasi atau pengetahuan yang dianggap sulit oleh peserta didik.

Apa kendala dalam menerapkan pendidikan di era globalisasi 4.0 pada sekolah?

Salah satu kendala dalam menerapkan yaitu ketergantungan pada salah satu perangkat yang saling berhubungan yaitu jaringan dan listrik, jika hal itu bermasalah maka terjadilah pengunduran waktu. Hal tersebut merupakan penghambat, sehingga banyak dikhawatirkan oleh para pendidik dan juga dalam menerapkannya tidak selalu berjalan mulus.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun