Mohon tunggu...
Failashufa Mardliyya
Failashufa Mardliyya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Unisa

hello. happy reading!

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Media Sosial sebagai Sarana Pembelajaran Online Unisa Yogyakarta

25 Januari 2022   00:06 Diperbarui: 25 Januari 2022   00:13 47 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Pandemi Covid-19 menyebabkan adanya perubahan-perubahan besar hampir diseluruh aspek kehidupan salah satunya pada sistem pendidikan. Pemerintah menerapkan kebijakan Pendidikan di Masa Darurat Penyebaran Virus Corona dengan pembelajaran online sebagai langkah antisipatif penularan dan transmisi virus.

Pemanfaatan media sosial sebagai media pembelajaran dalam perkuliahan juga dapat dijadikan sebagai salah satu akternatif dalam proses penyelenggaraan pembelajaran jarak jauh, seperti di masa pandemi saat ini. Berbagai jenjang pendidikan di Indonesia salah satunya Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta yang terletak di Jl. Ringroad Barat no. 63, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta telah menerapkan pembelajaran online atau pembelajaran daring dengan memanfaatkan media sosial dan memanfaatkan fasilitas yang ada di rumah masing-masing sehingga pembelajaran tetap berlangsung meskipun tanpa adanya pertemuan tatap muka secara langsung. 

Dalam aktivitas pembelajaran online ini, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta menggunakan platform digital seperti, Whatsapp group, Fasilitas Google (Google Classroom, Google Form, dan Google meet), Zoom Cloud Meeting, dan LENSA (Elearning UNISA Yogyakarta) yang merupakan website khusus yang hanya dapat diakses oleh mahasiswa dan dosen UNISA Yogyakarta sebagai model pembelajaran yang ramah sinyal. Hal tersebut dilakukan dengan tetap memperhatikan kelanjutan proses belajar mengajar dan ketercapaian mutu pembelajaran yang telah direncanakan. Dengan berbagai fasilitas platform digital tersebut, materi-materi pembelajaran diunggah dalam bentuk video, gambar, atau rekaman penjelasan yang kemudian dapat dipelajari mahasiswa secara mandiri melalui media sosial masing-masing.

Pembelajaran online ini menjadi alternatif untuk proses belajar yang lebih fleksibel dan praktis. Proses belajar mengajar dapat berlangsung di mana pun selama kondusif dan dapat membantu untuk fokus, serta dapat menghemat biaya dan waktu. Hal tersebut menjadi kelebihan pembelajaran daring di banding pembelajaran dengan tatap muka secara langsung.

Namun, pembelajaran daring pun memiliki sisi kelemahan dan kekurangan dan banyak kendala yang dihadapi dalam mewujudkan pembelajaran yang diinginkan. Pembelajaran secara online sangat tergantung pada gadget dan internet, bila jaringan lambat atau susah sinyal maka proses pembelajaran akan tertinggal, terlebih jika sudah mencakup ujian. Terutama bagi mahasiswa yang berada dikampung halaman atau pelosok akan sulit untuk mengakses internet karena sulitnya jaringan internet di daerah tersebut.

Kemajuan teknologi memberikan dampak besar terhadap perkembangan pendidikan, para pendidik memanfaatkannya untuk mempermudah proses belajar mengajar serta meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan sistem pembelajaran daring ini diharapkan para pendidik menyesuaikan pemberian tugas yang tidak terlalu membebani. Bersama kita lalui pandemi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan