Mohon tunggu...
Faidzur Rohim
Faidzur Rohim Mohon Tunggu... Mahasiswa

Kebijaksanaan yang sebenarnya adalah ketika kau tahu bahwa kau bukan apa-apa:')

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Sumber dan Dimensi-dimensi Ajaran Islam

11 Desember 2019   13:51 Diperbarui: 11 Desember 2019   13:58 16 0 0 Mohon Tunggu...

Sumber ajaran agama islam berasal dari Al-qur'an, Hadist, dan ijtihad.

Al-qur'an merupakan kitab suci sebagai pedoman bagi umat islam. Yang berupa wahyu yang diturunkan kepada nabi Muhammad SAW, melalui perantara malaikat Jibril dan diturunkan secara berangsur-angsur. 

Hadist disebut juga sunnah, adalah perkataan, perbuatan, ketetapan dan persetujuan dari Nabi Muhammad yang dijadikan landasan syariat Islam. Hadis dijadikan sumber hukum Islam selain al-Qur'an, hadis merupakan sumber hukum kedua setelah al-Qur'an.

Ijtihad adalah sebuah usaha yang sungguh-sungguh, yang sebenarnya bisa dilaksanakan oleh siapa saja yang sudah berusaha mencari ilmu untuk memutuskan suatu perkara yang tidak dibahas dalam Al Quran maupun hadis dengan syarat menggunakan akal sehat dan pertimbangan matang.

Dimensi ajaran islam menurut ajaran agama Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW. Dimensi-dimensi Islam, secara garis besar bisa dilihat dari tiga sudut yaitu : Aqidah, Syari'at dan Akhlaq yang masing masing adalah susistem ajaran islam.

1. Aqidah

Secara Harfiyah aqidah adalah mengikat atau terikat. Adapun secara istilah adalah sistem kepercayaan dalam Islam.

2. Syari'at

Kata syari'at secara harfiyah artinya adalah jalan sumber mata air, atau jalan menuju kebenaran yang diridhoi oleh Allah SWT. Sedangkan menurut istilah keislaman, syariat adalah dimensi hukum atau peraturan dari ajaran islam. Disebut syari'at karena di maksudkan untuk memberikan jalan atau mengatur lalu lintas perjalanan hidup manusia.

3. Akhlaq

Akhlaq bersal dari bahasa Arab ialah jamak dari kata khuluk yang berarti budi pekerti. Pengertian akhlaq secara etimologis akhlaq adalah perangai, tabi'at, (kelakuan atau watak dasar), kebiasaan atau kelaziman, dan peradaban yang baik.

VIDEO PILIHAN