Mohon tunggu...
M Fahrel Edy
M Fahrel Edy Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Sastra Jepang Universitas Sumatera Utara

M Fahrel Edy atau biasa dipanggil Fahrel adalah mahasiswa Sastra Jepang Universitas Sumatera Utara yang lahir di Medan. Hobi saya membaca buku dan diskusi.

Selanjutnya

Tutup

Halo Lokal Pilihan

Istilah di Medan yang Membuat Terheran-Heran

16 Juli 2022   12:26 Diperbarui: 18 Juli 2022   21:29 122 2 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Halo Lokal. Sumber ilustrasi: PEXELS/Ahmad Syahrir

Hey, lae. Kawani aku besok ke kampus, yah. Boncengan kita berdua naik kereta sekalian singgah ke galon bentar, oke?

Jika pembaca non-Medan membaca kutipan di atas, pasti merasa pusing sambil bergumam "Apa sih maksudnya?". Memang terkesan aneh, namun itu keunikan dari dialek Medan.

Ngomong-ngomong mengenai Medan, masyarakat Medan merupakan masyarakat multietnis. Mayoritas suku yang mendiami kota Medan ada tiga, Jawa; Melayu; dan Batak.

Karena pembauran etnis-etnis di Medan -- terjadi pencampuran bahasa. Namun bahasa Medan mirip dengan bahasa Melayu. Hanya saja, aksennya seperti orang Batak.

Adanya perbedaan antara bahasa Indonesia dengan bahasa Medan. Kali ini, kita akan membahas 7 istilah di Medan yang sering dipakai:

Raun-raun

Terdengar sangat asing teruntuk orang non-Medan. Namun, arti dari raun-raun yaitu jalan-jalan. Kata "raun-raun" berasal dari bahasa Inggris yaitu around yang artinya keliling.

Namun, terjadi perubahan bunyi dan afiksasi dari bahasa Inggris ke Medan. Raun-raun merupakan jalan-jalan ala orang Medan yang mengitari suatu wilayah, biasanya dilakukan pada sore hari. Out of The Box, kan? Hehe.

Jumpa Tengah

Jika kita punya janji dengan teman untuk berkumpul di suatu tempat, kata "Jumpa tengah" sangat cocok untuk kita katakan. Misalnya, Kita mau nongkrong di suatu cafe, tetapi rumah kita saling berjauhan. Namun, kita mau berjumpa di suatu tempat sebelum pergi ke cafe bersama-sama". Jumpa Tengah bisa juga diartikan sebagai "Titik Kumpul".

Galon

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Halo Lokal Selengkapnya
Lihat Halo Lokal Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan