Mohon tunggu...
Fahmi Zein
Fahmi Zein Mohon Tunggu... Muhammad Khafid Zulfahmi Zein

Tidak ada sebuah perjuangan kecuali dengan pengorbanan, dan hanya orang yang rela berkorban dapat disebut sebagai pejuang

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Amar Ma'ruf Nahi Munkar

29 November 2020   21:17 Diperbarui: 29 November 2020   21:39 32 0 0 Mohon Tunggu...

Ust. Mashudi Ridwan SH. M. Hum: . 

*AMAR MA'RUF NAHI MUNKAR*

 (Menyuruh Kepada Kebaikan dan Melarang Keburukan).

*PENGERTIAN*

*Ma'ruf* ialah *segala hal atau perbuatan yang mendekatkan diri seseorang kepada Allah*. Setiap kebaikan dan amal saleh adalah Ma'ruf.

*Mungkar* ialah *segala perbuatan yang menjauhkan seseorang dari Allah.* Setiap keburukan dan kemaksiatan adalah Mungkar.

Sedangkan menurut *Imam An-Nawawi Rahimahullah :* *Ma'ruf* adalah segala sesuatu yang diketahui oleh syariat dan ditetapkannya berupa bentuk-bentuk ibadah, baik ucapan maupun perbuatan, yang lahir maupun batin. 

Sedangkan *Mungkar* adalah segala sesuatu yang diingkari oleh syariat dan dilarangnya, berupa bentuk-bentuk kemaksiatan, kekafiran, kefasikan, kedurhakaan, dusta, mengadu domba, membicarakan keburukan orang lain dan lain sebagainya. 

Memerintahkan kepada yang Ma'ruf dan melarang yang Mungkar adalah *Fardu Kifayah*. Jika sebagian orang telah menunaikannya, maka tertunailah maksudnya. Jika belum ada yang melaksanakannya, maka wajiblah bagi setiap muslim. Sebagaimana *Firman Allah yang artinya : "Dan hendaklah diantara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh berbuat yang Makruf, dan mencegah dari yang Mungkar"*(QS Ali 'Imran (3) : 104). (Syarah Riyadhus Shalihin Jilid 2, Oleh Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin, hal. 286).

*PEMBAHASAN*

*Pada hakekatnya Amar Ma'ruf Nahi Mungkar merupakan bagian dari upaya menegakkan agama dan kemaslahatan ditengah-tengah umat.* 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x