Mohon tunggu...
fahmil08 farel
fahmil08 farel Mohon Tunggu... mahasiswa

teknologi informasi

Selanjutnya

Tutup

Transportasi

Teknologi Informasi di Bidang Transportasi

8 Oktober 2019   22:53 Diperbarui: 8 Oktober 2019   23:00 0 0 0 Mohon Tunggu...

       teknologi informasi adalah teknologi apa pun yang membantu manusia yang membantu manusia dalam membuat, mengubah,  menyimpan, mengomunikasikan dan untuk  menyebarkan informasi. 

       transportasi adalah perpindahan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan sebuah kendaraan yang di gerakan oleh manusia atau mesin. transportasi digunakan untuk memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari, yang sebagian besar para penduduk khususnya di indonesia. transportasi di indonesia sangatlah besar pengaruhnya yang dimana transportasi adalah kendaraan yang digunakan oleh penduduk indonesia.

      teknologi informasi di bidang transportasi di indonesia, sangatlah berperan penting pada peradaban dunia khususnya di indonesia  yang dimana transportasi digunakan untuk membantu manusia, transportasi terbagi menjadi 3 jenis yaitu darat, laut, dan udara. Di indonesia transportasi udara dalam perkembangannya diawali pada era masa jabatan bapak teknologi yaitu bapak Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie, FREng yang menjabat sebagai presiden 3 pada saat itu, pak habibie pertama kali meluncurkan pesawat yang dirancang oleh IPTN sekarang (PT dirgantara indonesia,PT DI , indonesian Aerospace) yaitu pesawat N-250. untuk aplikasnya yaitu E-Ticketing, atau penjualan tiket online, merupakan salah satu cara bagi orang untuk membeli tiket untuk acara lokal. Semua informasi mengenai electronic ticketing disimpan secaradigital dalam sistem komputer milik perusahaan penerbangan.

pada transportasi darat juga mengalami perkembangan yang cukup pesat dengan adanya teknologi informasi contohnya yaitu aplikasi TRON merupakan aplikasi pemesanan Angkutan Umum (seperti Angkot, Bajaj, Bajaj Qute, Mikrolet/ Jaklingko, Bus, Shuttle, dan lainnya) secara Online dan berbasis Ride-Sharing. Dengan aplikasi TRON, yang selama ini Angkutan Umum Beroperasi secara Point to Point kini menjadi On Demand, dimana penumpang bisa diarahkan untuk penjemputan di halte virtual yang berada terdekat dengan posisinya. 

tranpada perkembangan teknologi informasi  juga menimbulkan dampak positif maupun dampak negatif pada perkembangan teknologi informasi di bidang transportasi.

Dampak positif teknologi informasi di bidang transportasi :

   a. Mempermudah dan mempercepat manusia berpergian dari suatu tempat ketempat lainnya.

   b. Menjadi suatu peluang usaha sehingga dapat memperkecil tingkat pengangguran.

   c. Mempermudah suatu Negara untuk bekerja sama dengan Negara lainnya dalam bidang ekpor impor.

   d. Akan Lebih Cepat Mendapatkan Informasi- Informasi Yang Akurat Dan Terbaru Di Bumi Bagian Manapun Melalui Internet.

   e. Perjalanan Menjadi Lebih Efisien Dengan Menggunakan Kendaraan Modern

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2