Mohon tunggu...
Sosbud

Menerangi Listrik di Pulau Bawean

24 Oktober 2016   00:55 Diperbarui: 25 Oktober 2016   15:31 3626 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menerangi Listrik di Pulau Bawean
Dok. Fahmi Fahresi

Bawean merupakan Pulau kecil yang  termasuk wilayah kabupaten Gresik, Jawa Timur.  Luas Pulau Bawean 196 kilometer persegi. Kontur daratan yang berbukit-bukit memungkinkan kita  memandang lepas jauh kelautan, berada di ketinggian Pulau ini sambil memandang cakrawala jingga saat senja juga sangat mempesona. Pulau  yang juga di juluki Pulau Puteri ini berjarak 3.5 jam dengan menggunakan kapal cepat dari kota Gresik. Di Pulau Bawean ini terdapat unit dari PLN Area Gresik  yaitu PLN Rayon Bawean yang  memiliki sekitar 17 ribu pelanggan tersebar di dua kecamatan yaitu Sangkapura dan Tambak. Melistriki nusantara adalah komitmen  PLN terhadapa seluruh warga indonesia namun melistriki Pulau Bawean memiliki tantangan tersendiri bagi PLN karena pengeluaran Harga BBM Yang mahal tidak sebanding dengan pendapatan yang diterima oleh PLN.

Masalah yang sering terjadi di Pulau Bawean adalah pemadaman listrik dan suplai BBM yang tidak mencukupi. Kedua hal ini saling terkait, disebabkan oleh masalah ombak yang tidak bisa diprediksi, sehingga pengiriman BBM bisa terlambat akibatnya PLN harus padam di Pulau Bawean. Masalah lainnya  adalah masih ada desa yang belum teraliri listrik hal ini disebabkan kontur alam yang berbukit-bukit,  jarak antar desa ke desa lain sangat jauh menjadikan suatu dilema bagi PLN. Untuk melayani dengan biayanya super mahal hanya untuk 2 desa yang jumlah penduduknya tidak lebih dari 100 orang, hal ini membuat biaya yang dikeluarkan untuk investasi tidak sebanding dengan pendapatan yang diterima PLN.

 Sumber energi listrik yang tersedia yang digunakan PLN Bawean  menggunakan PLTD dengan biaya produksinya yang mencapai 2500/Kwh yang bila diuangkan beban pengeluaran PLN Bawean menghabiskan 6 milyar lebih, sedangkan penghasilan PLN Bawean per bulan hanya 1.3 Milyar. Ini wujud kerja nyata PLN untuk sungguh – sungguh menerangi listrik di seluruh pelosok nusantara termasuk di Pulau Bawean. Namun dengan upaya yang besar ini masih sering juga terjadi gangguan jaringan listrik di Pulau Bawean.  Pada kondisi seperti ini kehadiran pembangkit listrik tenaga mesin gas (PLTMG) menjadi alternatif tersendiri bagi masyarakat. Masyarakat menjadi antusias mengajukan penambahan daya dan pasang Baru. Walaupun demikian PLN baru bisa memenuhi sebagian permintaan masyarakat karena pasokan gas ke Pulau Bawean belum maksimal.  PLTMG  hanya digunakan pada waktu beban puncak saja untuk membantu PLTD yang beroperasi.

Dengan banyaknya permintaan energi listrik di Pulau Bawean maka PLN Rayon Bawean berkomitment untuk mempercepat infrastruktur kelistrikan di Pulau Bawean. Tahun 2016 ini dilakukan perluasan jaringan  sampai ke pelosok desa, penggantian kabel telanjang menjadi kabel terbungkus, dan pekerjaan proyek pemasangan pipa gas dipercepat agar PLTMG beroperasi penuh 24 Jam. Ada empat keinginan masyarakat Bawean terhadap PLN (1) Jangan ada daftar tunggu untuk pemasangan baru, (2) Jangan sering mati listrik (pemadaman), (3) Tegangan listriknya jangan turun-naik, dan (4) Daerah-daerah yang belum dialiri listrik segera dilakukan pemasangan jaringan baru. 

Penyebab lain seringnya pemadaman listrik di Pulau Bawean adalah gangguan jaringan akibat serbuan Kalong ke kabel-kabel saluran listrik PLN sehingga terjadi konslet di jaringan 20 kV. Mulai Oktober hingga Desember Pulau Bawean memasuki Musim Buah terutama mangga yang banyak ditanam oleh warga Bawean. Pada akhir tahun ribuan Kalong biasanya menyerbu tanaman buah warga di perkampungan, setelah memakan buah, Kalong biasanya bertengger di Kabel Listrik 20 kV sambil meluaskan sayapnya hingga menghubungkan kabel satu dengan yang lain.Untuk mengatasi hal tersebut PLN Bawean mengganti Kabel telanjang (A3C) menjadi Kabel  terbungkus (A3CS), karena anggaran yang terbatas PLN Bawean akan melakukannya secara bertahap. Total panjang jaringan di PLN Bawean 90 Kms. Sampai dengan tahun 2016 kabel A3CS yang terpasang sebanyak ± 60 Kms. 

Melistriki di Pulau Bawean  perlu pemikiran dan upaya yang sungguh-sungguh dari segenap karyawan dan pimpinan PLN  karena target PLN yang tinggi dalam rangka melistriki seluruh pelosok Nusantara tak terkecuali Pulau Bawean.

FAHMI FAHRESI

PLN BAWEAN

https://www.facebook.com/fahmi.elcino

email : fahmi.fahresi2@pln.co.id

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x