Mohon tunggu...
FAHMA MAMLU
FAHMA MAMLU Mohon Tunggu... -

Mahasiswa pgra

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Tidur Siang Jadi "Momok Menakutkan" untuk Anak

5 April 2017   21:49 Diperbarui: 5 April 2017   21:51 224 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Pernahkah kalian sembunyi dari ibu gara gara tidak mau tidur siang? Atau pernahkah kalian kabur gara gara marah disuruh untuk tidur siang? Saya rasa semua orang yang pernah melewati masa kanak kanak pernah menemui dan melakukan hal tersebut. Bagi anak anak tidur siang adalah hal yang paling dibenci saat mereka tidak terbiasa untuk tidur siang. 

Jika mengingat hal hal yang terdahulu bag kita yang sudah dewasa tentu akan sangat menggelikan. Kenyataan anak kecil susah tidur saat siang hari sangat berbanding terbalik dengan anak remaja hingga dewasa yang lebih sering menghabiska waktu dengan tidur siang.

 Dunia anak terkenal dengan dunia bermain sehingga mereka akan menghabiskan waktu mereka dengan permainan yang mereka sukai. Sehingga saat mereka harus menghadapi kenyataan bahwa diharuskan untuk tidur siang oleh ibu mereka, tentu anak anak akan memberontak. Masa anak anak adalah masa dimana mereka lebih aktif dan senang menghabiskan waktu untuk bermain daripada untuk berdiam diri ataupun tidur. Anak anak akan mudah penasaran terhadap suatu hal sehingga akan terus bergulat dengan hal baru tersebut hingga mereka puas dan bosan.

Namun tidur siang sangat bermanfaat dalam tumbuh kembang si anak. ibu ibu harus pintar pintar mencari peluang agar anak mau untuk tidur siang sebagai jam istirahat mereka. Memang ada yang beranggapan bahwa tidur siang tidak terlalu penting bagi anak, namun alangkah baiknya jika kita mampu memberikan waktu istirahat cukup untuk si anak. berikut ini adalah manfaat tidur siang bagi anak:

  • Meningkatkan kecerdasan otak anak.
  • Mengoptimalkan tumbuh kembang anak anak.
  • Mengembalikan energi tubuh dan membuat tubuh anak segar kembali saat bangun tidur.
  • Mengurangi sikap rewel anak saat malam hari.

Membuat anak untuk mau tidur siang tentu sangat sulit. Sangat diperlukan trik trik khusus untuk para ibu agar anak mau untuk tidur siang dan membuat tidur mereka nyaman. Apabila anak terlalu dipaksa, maka akan menjadikan anak tersebut membangkan bahwa akan menimbulkan sifat negatif. Sehingga bagi para ibu harus menggunakan bujukan dan rayuan sehingga anak pun nyaman saat tidur siang dengan ibu.  Berikut ini adalah cara agar anak mau tidur siang tanpa paksaan dari orangtua:

  • Mendesain kamar anak dengan desain yang menarik, jika tidak mmungkinkan maka ibu harus berusaha untuk menciptakan suasana kamar yang sejuk, rapi, nyaman sehingga anak betah saat berada didalam kamar.
  • Ajak anak dengan tutur kata dan ajakan yang baik, sehingga anak akan menjadi penurut terhadap apa yang diucapkan orangtua. Apabila dalam menyuruh anak dengan cara paksaan, bentakan, atau bahkan pukulan itu hanya akan menjadikan anak marah dan berontak sehingga akan mengabaikan jadwal tidur siang mereka.
  • Temani anak saat mereka hendak tidur siang karena menemani anak bukan saja hanya pada saat malam hari, namun juga siang hari. Berikan sentuhan sentuhan lembut kepada anak seperti mengusap kepala anak perlahan lahan, dengan begitu anak akan tidur terlelap.
  • Bersihkan segala macam permainan anak agar mereka lupa dengan mainannya, karena jika mainan masih terlihat anak maka rasa ingin terus bermain akan terus melekat di otak anak.

Hal diatas adalah saran bagi ibu ibu agar lebih memperhatikan kualitas tidur anak dan menjadi trik untuk ibu agar lebih mudah dalam mengajak anak untuk tidur siang.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan