Mohon tunggu...
Fahed Syauqi
Fahed Syauqi Mohon Tunggu... Penulis - Cirebon, NGO Enthusiast, CEO Berlin Community, Director of Medcamp, Researcher at Center World Trade Studies UGM

Luruskan niat, perbanyak shalawat

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

SIAP#2 Mudah Mengajar Bahasa Inggris di Sekolah Dasar

24 November 2020   17:50 Diperbarui: 24 November 2020   17:53 158
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Senjata Mengajar/dokpri

Sore hari memang suasana yang sangat tepat untuk mawas diri dengan secangkir kopi. Mengajar bahasa inggris memang tantangan tersendiri, dimana kita dituntut harus sabar dalam menyampaikan suatu materi. Senin dan Selasa merupakan jadwal mengajar kelas 5 SD di Ponpes Tarbiyatul Wildan. 

Aku selalu mengajak adik-adik untuk mempraktekkan bahasa inggris dalam kehidupan sehari-hari seperti, ketika mereka ingin izin ke toilet maka mereka dapat memakai kalimat "May I go to the restroom?". Usia yang masih belia harus lebih dikenalkan kepada bagaimana mereka dapat mengeksplor cerita-cerita menariknya setiap hari. 

Oleh karenanya aku mengajak mereka untuk dapat bercerita bebas dengan menceritakan gambar-gambar dari flash card atau kartu bergambar yang berisi tentang kosakata bahasa inggris. Kenapa melalui flash card? 

karena menurut penelitian Nation pada tahun 2001 menyatakan bahwa kebanyakan murid kesulitan dalam belajar bahasa inggris adalah karena sulitnya memahami kosakata dalam bahasa inggris. Aku pun menyadari kosakata bahasa inggris merupakan akar dalam belajar bahasa tidak terkecuali bahasa inggris. 

SIAP edisi kedua kali ini akan membahas bagaimana cara mudah mengajar bahasa inggris untuk siswa/i pada tingkatan sekolah dasar. Pertama kali yang harus dilakukan adalah kita harus memiliki kosakata bahasa inggris melalui flash card atau kartu bergambar. Bagaimana cara menggunakannya?. 

Caranya sangatlah mudah gaes, kita harus mempunyai kartu bergambar terlebih dahulu dengan membelinya di toko-toko terdekat atau bahkan dapat membuatnya sendiri jika kita dapat menggambarnya hehe. Selanjutnya gaes, kita hanya perlu mengajak mereka berdiskusi tentang kartu yang kita tunjukkan satu persatu. Biasanya aku menggunakan 6 kartu bergambar setiap pertemuan. Lalu aku menanyakan kepada mereka seperti berikut.
Teacher :  What is it?

Student : Ohh itu gambar badak pak.

Teacher : No no it's not badak. Ayoo who knows?

Student : Ohh ya hmm apa yah pak?

Teacher : This is hippotamus which has a big body and funny face (sambil memperagakan muka kuda nil yang sedang kelaparan haha)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun