Mohon tunggu...
Faeraza MelovyeZeirine
Faeraza MelovyeZeirine Mohon Tunggu... psikologi

Mahasiswa Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Efek Rasa Bahagia Berlebihan untuk Kesehatan Tubuh

18 Juni 2021   15:02 Diperbarui: 18 Juni 2021   15:14 58 1 0 Mohon Tunggu...

Oleh : Faeraza Melovye Zeirine 

(Mahasiswa Psikologi, Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang) 

Kebahagiaan adalah kondisi emosional atau perasaan seseorang yang nyaman dengan ciri merasa puas, senang, bersyukur, memenuhi kebutuhan, dan mengenali diri sendiri sebagai respon afeksi terhadap berbagai pengalaman kehidupannya. Seseorang yang sedang bahagia ditandai dengan perasaan positif seperti perasaan senang dan pikiran yang mengarah pada kepuasan hidup. 

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perasaan bahagia, diantaranya : 

1. Penghasilan 

Seseorang yang menempatkan penghasilannya sebagai tujuan mereka yang paling atas maka mereka akan cenderung menjadi kurang puas dengan pemasukan dan kehidupannya secara keseluruhan. 

2. Pernikahan 

Seseorang yang menikah cenderung lebih bahagia daripada yang belum menikah. Karena dengan adanya pernikahan mereka menyediakan keintiman psikologis dan fisik, konteks untuk memiliki keturunan, dan membangun rumah tangga. 

3. Agama 

Karena keagamaan mampu mengajarkan tujuan hidup, menerima dan menghadapi suatu masalah dengan tenang, dan mendapat rahmat dan ridha dari Allah sehingga dijauhkan dari hal-hal yang buruk. Karakteristik orang yang sedang bahagia dapat dilihat melalui perilakunya, yaitu taat kepada Allah SWT dan Rasul, senang dalam berbuat kebaikan, dan menghindari diri dari perilaku yang tercela.

4. Kesehatan 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN