Mohon tunggu...
Fadly bahari
Fadly bahari Mohon Tunggu... Founder AlangIde

Penjelajah & Pengumpul Esensi

Selanjutnya

Tutup

Humor Pilihan

Carilah Anak Angkat yang Benar, Jangan Jadi "Bapak Sejarah"

12 Januari 2020   13:35 Diperbarui: 15 Januari 2020   18:34 96 2 1 Mohon Tunggu...

Beberapa hari yang lalu, seorang teman bertanya kepada saya: fad, kok lu demen banget nulis sejarah, emang lu "pemenang"? kan hanya para pemenang yang nulis sejarah!

Sumpah, dari semua pertanyaan pembaca terkait tulisan-tulisan saya, inilah pertanyaan yang paling bikin akal saya mati langkah, tidak bisa menjawab.

Saya baru menyadari jika selama ini, dalam fokus menulis berbagai hal tentang sejarah, secara naluri, saya hanya fokus menyiapkan diri mengantisipasi pertanyaan atau pun pernyataan dari pembaca yang sifatnya kritis memberi sanggahan serta yang sekedar menghina tanpa dasar sama sekali. Tanggapan yang sifatnya humor sama sekali saya tidak kepikiran akan bakal muncul.

Humor adalah salah satu dari sekian banyak perspektif yang dapat muncul dalam benak manusia ketika merespon sesuatu. Ada humor yang bersifat "serangan verbal" bertujuan membuat kita tersinggung, ada juga humor yang bisa dikatakan "murni humor" yang relatif tidak menimbukan dampak ketidaksenangan di hati.

Merespon pertanyaan humor seperti yang diberikan teman saya itu cukup sulit, terlebih jika kita sedang berada dalam situasi perasaan yang serius. Akan terasa garing jika diberi jawaban serius. Akan bernilai "1 - 0" jika hanya direspon "hehehehee", setidaknya hal ini yang saya rasakan jika berhadapan dengan teman ini, yang selama ini antara saya dengan dia memang telah sering saling berbalas humor.

Belajar dari kasus ini, saya pun segera mencermati bentuk-bentuk pertanyaan atau pun pernyataan humor apa saja yang kira-kira dapat muncul kedepannya. Dan rupa-rupanya ada cukup banyak, tapi yang paling mengerikan mungkin seperti ini: 

"Bro... gue tahu lu belum menikah, tapi kalau mau punya anak angkat carilah yang benar, jangan jadi 'bapak sejarah' lah!" 

Sekian. Semoga bermanfaat. Salam.

Bagi yang berminat membaca tulisan saya lainnya, bisa melihatnya di sini: kompasiana.com/fadlyandipa
Fadly Bahari, Pare-Kediri, 12 Januari 2020

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x