Mohon tunggu...
Fadli Firas
Fadli Firas Mohon Tunggu... Sang Penjelajah

email: rakhmad.fadli@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Cantiknya Pantai Pattaya

29 April 2019   12:52 Diperbarui: 29 April 2019   13:00 179 2 1 Mohon Tunggu...

Pattaya merupakan salah satu destinasi populer di Thailand. Wilayah yang terletak di pesisir Teluk Thailand ini tidak hanya menawarkan ragam wisata hiburan tetapi juga memiliki pantai yang sangat cantik yaitu, Pantai Pattaya.

Pantai Pattaya memiliki panorama yang indah. Berpasir lembut dan bersih. Serta memiliki garis pantai yang panjang. Sehingga membuat terasa segar sejauh mata memandang.

Pantai ini menyuguhkan nuansa keindahan yang berbeda sepanjang hari. Mulai pagi hingga malam hari. Tidak pernah sepi dikunjungi wisatawan.

Di pagi hari, pantai ini memberikan kesegaran khas udara pagi. Belum tersentuh mentari yang terbit dari sebalik pantai. Beberapa wisatawan memanfaatkannya dengan berjalan di sepanjang pesisir pantai.

Menjelang siang, sinar terik mentari semakin terasa. Cahayanya memantul ke permukaan laut sehingga tampak berkilau indah. Di saat terik seperti ini umumnya didominasi wisatawan dari negara bersuhu dingin. Mereka memanfaatkannya dengan berjemur di sepanjang pantai.

Pantai ini tergolong aman bagi yang ingin mandi di tepi pantai. Bahkan disediakan spot khusus untuk berenang yang dipugari oleh pagar berbahan fiber. Sehingga terbebas dari desiran gelombang.

Menjelang sore, sengatan sinar mentari mulai bersahabat. Wisatawan mulai memenuhi pantai dengan bersantai di atas pasirnya yang bersih dan lembut. Deretan toko dan kafe di pinggir pantai pun tampak semakin hidup.

Pantai ini tidak pernah sepi oleh pengunjung. Pusat kota Pattaya terletak di pesisir pantai. Sehingga tidak ada sekat antara kota dan pantainya. Hanya dipisahkan jalan besar di sepanjang pesisir pantai. Serupa Pantai Kuta di Bali. Banyak wisatawan berjalan kaki di sepanjang trotoarnya yang justru lebih lebar ketimbang jalan raya di sebelahnya.

Bagi wisatawan Muslim, Pattaya dikenal cukup bersahabat soal makanan. Beberapa restoran halal bisa ditemukan di persimpangan tiga di Jalan Central Pattaya. Persimpangan ini persis di pinggir pantai. Mulai dari masakan khas setempat, Thailand, hingga menu India tersaji di sini.
 
Pesona Sunset

Selain menawarkan keindahan di siang hari, Pantai Pattaya juga menyuguhkan keindahan mulai matahari terbenam hingga malam hari.
Meski tidak memiliki sunrise, namun pantai ini memberikan panorama nan indah di saat matahari mulai terbenam.

Salah satu waktu terbaik mengunjungi Pantai Pattaya adalah di sore hari menjelang malam. Pantai yang memiliki garis pantai panjang membentang ini menyuguhkan pesona sunset nan memukau.

Gumpalan awan membentuk goresan-goresan jingga di ufuk barat. Sekilas terlihat bagai lukisan alam. Peralihan waktu dari sore ke malam memberikan sensasi keindahan tersendiri. Tidak sedikit wisatawan yang memanfaatkannya untuk berfoto.

Ketika bias jingga mulai memudar dan berganti malam. Lampu-lampu kota mulai dinyalakan. Bukannya semakin sepi, kawasan di sekitar pantai ini justru semakin ramai. Sebagian lampu juga menerangi beberapa titik pantai. Kafe-kafe di sepanjang jalan pinggir pantai tampak mulai semarak. Jalur trotoar dipadati oleh pejalan kaki.

Hotel di Pattaya mudah ditemukan dengan harga yang beragam. Mulai dari seharga kantong backpacker hingga bertarif jutaan rupiah. Hostel yang dengan kamar jenis dormitori tarifnya mulai 70 ribu hingga 200 ribu per malam. Namun tidak jarang pula hotel tipe private room menawarkan harga yang murah.

Menuju Ke Sana


Pantai Pattaya terletak di pusat kota Pattaya, Provinsi Chonburi, Thailand. Jika Anda berada di pusat kota Pattaya sejatinya sudah tidak jauh dari garis pantai.

Pusat kota Pattaya tidak terlalu luas sehingga memungkinkan menuju pantai dengan berjalan kaki. Tetapi jika dirasa melelahkan, Anda bisa menggunakan angkutan umum berupa songthaew. Tarifnya adalah 10 baht baik jarak jauh maupun dekat. Alternatif lain, bisa menggunakan jasa ojek yang mangkal di berbagai sudut kota.

Pattaya berjarak sekitar 100 kilometer dari ibu kota negara Thailand, Bangkok. Terdapat beberapa pilihan moda transportasi menuju Pattaya, diantaranya dengan menggunakan bus dan kereta api.

Jika menggunakan bus dari Bangkok, titik keberangkatan ada terminal bus Ekkamai. Ongkos bus dari Bangkok ke Pattaya adalah 108 baht. Lama perjalanan sekitar 2 jam.

Jika menggunakan kereta api, titik keberangkatan dari stasiun Hualampong, Bangkok. Moda transportasi ini merupakan yang termurah, yaitu 31 baht. Namun jadwal keberangkatan hanya sekali dalam satu hari yaitu pukul 6 pagi. Perjalanan ditempuh sekitar 4 jam.

Setibanya di stasiun kereta api Pattaya Anda bisa memanfaatkan songthaew yang menanti di stasiun. Tarifnya adalah 50 baht.

Selain transportasi umum, Anda juga bisa menggunakan jasa sewa kendaraan. Mulai dari sepeda motor hingga minivan. Harga sewa sepeda motor berkisar 200 hingga 300 baht per hari. Sedangkan tarif sewa mobil atau minivan berkisar mulai 1.000 hingga 3.500 baht per hari.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x