Mohon tunggu...
Fadli Firas
Fadli Firas Mohon Tunggu... Sang Penjelajah

email: rakhmad.fadli@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Artikel Utama

Mengapa Tak Mencontoh Singapura?

25 April 2016   10:21 Diperbarui: 20 November 2019   13:18 2754 12 24 Mohon Tunggu...

[caption caption="Perbedaan transportasi umum di dua wilayah berdekatan namun terlihat kontras: Singapura dan Batam. (foto: batam.tribunnews.com dan vivnews.co.id)"][/caption]Menjadikan daerah-daerah maju sebagai panutan merupakan cara tepat dalam membangun suatu daerah. Meniru kesuksesan yang sudah dicapai agar berdampak bagi pembangunan di daerah lainnya. Tidak berarti harus sama persis untuk bisa dibilang berhasil. Minimal dampak pembangunan bisa dirasakan lebih baik dari sebelumnya.

                                                                                                                    [VIDEO BELAJAR DARI SINGAPURA]


Setiap keunggulan yang dimiliki suatu daerah dalam bidang apapun sudah seharusnya dijadikan rujukan oleh daerah lainnya untuk membangun daerah itu sendiri. Demi meningkatkan perekonomian daerah yang berdampak bagi kepentingan masyarakat di dalamnya. Sehingga tercipta kemakmuran yang dirasakan oleh penduduk daerah tersebut.

Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) sebagai salah satu provinsi termuda di negeri ini sudah semestinya banyak belajar demi kepentingan pembangunan daerah-daerah yang berada dalam naungannya. 

Berbentuk kepulauan dengan persentase luas lautan sebesar 96% tentu memiliki strategi sendiri dalam hal pembangunan. Membangun daerah yang terbagi menjadi pulau-pulau tak terlepas dari perhatian khusus terhadap bidang kemaritiman.

Memilih lokasi kunjungan kerja sebagai daerah percontohan seyogianya diprioritaskan berdasar kedekatan jarak. Kenapa harus jauh-jauh melancong kalau di seberang sana ada daerah maju yang bisa ditiru. 

Sungguh ironis jika harus membuang biaya besar melakukan kunjungan ke tempat nun jauh jika Jiran di sebelah juga menampakkan kemajuan serupa.

Letak wilayah Kepri yang sungguh dekat dengan 2 negara yaitu Singapura dan Malaysia menjadi nilai plus terhadap pembangunan. Singapura sebagai negeri mungil nan canggih sudah seharusnya menjadi contoh bagi Kepri untuk mengikuti jejak kemajuan tersebut. 

Khususnya bagi Pulau Batam yang diuntungkan dari segi letak geografis maupun kemampuan ekonomi. Dari pulau ini bisa terlihat samar-samar penampakan negeri singa di seberang sana.

Coba sesekali menyempatkan diri berkunjung ke Singapura. Jelajahi tiap sudut kota sambil amati infrastruktur pembangunan di dalamnya. Perhatikan juga transportasi, tata kota, pendidikan, hingga kedisiplinan penduduknya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN