Mohon tunggu...
Fadlika Dwi Ramil
Fadlika Dwi Ramil Mohon Tunggu... KKN-DR KELOMPOK 151 UINSU

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatra Utara

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Peluang Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa di Tengah Pandemi Covid-19

14 Agustus 2020   15:52 Diperbarui: 14 Agustus 2020   16:28 153 2 1 Mohon Tunggu...

Virus Corona merupakan virus yang menyerang sistem pernapasan. Di Indonesia virus corona mulai merebak  sejak awal tahun 2020. Infeksi Virus Corona pertama kali ditemukan di Kota Wuhan, China pada akhir Desember 2019. Virus ini menular dengan cepat dan telah menyebar hampir kesemua negara, termasuk Indonesia. Hal ini membuat beberapa negara menerapkan kebijakan untuk memberlakukan Lockdown untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Upaya mengatasi penyebaran Virus Corona sudah mulai di lakukan oleh Pemerintah dengan menerapkan Physical Distancing dan  kini telah ditingkatkan menjadi PSBB ( Pembatasan Sosial Berskala Besar).  Virus ini juga banyak memiliki dampak bagi keberlangsungan hidup  masyarakat baik dari bidang ekonomi, sosial, agama dan budaya. Salah satu dampak negatifnya adalah  bidang perekonomian karena memiliki peranan cukup penting dalam kehidupan sehari-hari.

Bagi Masyarakat, perekonomian memiliki peranan yang sangat besar dalam kehidupannya karena dengan bekerja, mereka mampu untuk memenuhi kebutuhannya. Akan tetapi, setelah terjadinya pandemi ini mengakibatkan banyaknya masyarakat yang tidak bekerja secara normal ( work from home) atau bahkan untuk sebagian masyarakat berpotensi kehilangan mata pencahariannya sebagai bentuk pengurangan karyawan.

Tentunya hal tersebut akan menjadi polemik tersendiri di kalangan masyarakat, terutama bagi para karyawan yang terancam terkena PHK. Meskipun demikian, setiap orang harus memiliki penghasilan untuk mencukupi kebutuhan dirinya maupun keluarganya, meskipun dalam kondisi seperti saat ini.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, berwirausaha merupakan solusi yang tepat untuk dijadikan profesi bagi masyarakat. Berwirausaha dapat di praktikkan oleh semua kalangan, tak terkecuali para mahasiswa. Hal ini bertujuan agar mahasiswa mampu berinovasi dan mengembangkan ide-ide yang dimilikinya dan juga bisa melatih sikap mandiri dalam memperoleh penghasilan tambahan baik untuk dirinya sendiri maupun untuk membantu perekonomian keluarganya.

Berikut  adalah beberapa contoh bisnis yang cocok untuk mahasiswa di saat Pandemi Covid-19

1. Bisnis Kursus Private

            Bisnis kursus private merupakan bisnis sampingan. Bisnis ini menuntut mahasiswa yang menjalankannya harus mempunyai keterampilan dan keahlian khusus. Misalnya saja bisnis kursus private matematika, tentunya paling cocok bagi mahasiswa yang mengambil jurusan di bidang matematika. Kursus matematika ini juga banyak yang dicari para orang tua, apalagi semenjak di terapkan oleh pemerintah dengan harus belajar dari rumah, dan membuat para orang tua kelelahan mengajarinya anak-anak mereka, dengan adanya guru private sangat membantu anak-anak juga untuk mendapatkan ilmu tambahan, dan ini merupakan peluang bisnis ini sangat cocok di masa pandemi Covid-19

2. Bisnis Jasa Penulis

            Bisnis  jasa penulis banyak di lakukakn oleh mahasiswa yang hobi menulis. Untuk menjadi seorang penulis tetap dibutuhkan kreativitas, imajinasi, dan kemampuan menulis yang lebih baik. Bisnis penulis ini juga bisa menjadi usaha sampingan yang lumayan menjanjikan untuk mahasiswa, karena tidk perlu mengeluarkan modal juga tidak akan banyak menggangu waktu mahasiswa. Selain menjadi penulis , mahasiswa dapat mencoba menjadi kontributor sebuah situs online. Bahkan dapat membuka jasa penulis online, kemudian mempromosikannya di media sosil dan dunia maya.

3. Bisnis Jasa Design Grafis

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN