Mohon tunggu...
Fadilla Dea
Fadilla Dea Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Diponegoro

Mahasiswa Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Mahasiswa KKN Undip Membantu Edukasi demi Kesahatan Bersama: 3M, 3T, dan Vaksin

15 Februari 2021   16:00 Diperbarui: 15 Februari 2021   16:20 42 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN Undip Membantu Edukasi demi Kesahatan Bersama: 3M, 3T, dan Vaksin
Warga RT003/005 Kelurahan Bumi menerima sosialisasi tentang 3M, 3T, dan Vaksin dari Mahasiswa KKN UNDIP, Selasa (02/02) siang lalu. | dokpri

Surakarta (02/02) - Pandemi COVID-19 yang sudah berjalan selama setahun di Indonesia tak kunjung reda. Menurut beberapa sumber, Masyarakat Indonesia terlalu lalai dalam melaksanakan 3M di lingkungan masing-masing. Banyak kegiatan di luar rumah yang terhambat apabila pandemi ini tidak kunjung menurun maupun reda. Mahasiswa-mahasiswa di Universitas Diponegoro pun menjalankan KKN di daerah nya masing-masing.

Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Fadilla Ananda F, membuat program kerja berkaitan dengan pencegahan virus COVID-19, program ini dilakukan dengan cara sosialisasi secara door to door ke rumah-rumah warga di lingkungan RT003/005 Kelurahan Bumi. Program kerja ini dibentuk dengan latar belakang kurangnya masyarakat di sekitar akan penting nya 3M dan menggunakan masker apabila beraktivitas di luar rumah. Maka dari itu, sosialisasi ini bertujuan untuk mengingatkan kembali kepada masyarakat bahwa menjaga diri sendiri dari bahaya penularan COVID-19 adalah hal yang sangat penting.

Pemberian masker dan pamflet kepada warga RT003/005. | dokpri
Pemberian masker dan pamflet kepada warga RT003/005. | dokpri

Bukan hanya sosialisasi kepada warga, mahasiswa juga memberikan 3 buah masker kain untuk membantu terlaksana-nya program 3M dari Kementrian Kesehatan. "Jarang disini ada yang membagikan masker mba, ini bagus ada yang mau membagikan masker dan mau mengingatkan warga-warga disini" ujar salah satu warga di lingkungan RT003/005 Kelurahan Bumi.

Mengedukasi warga bukanlah hal mudah, mahasiswa dapat melakukan sosialisasi dengan lancar dan mendapat respon positif dari warga sekitar. Semua ini dilakukan demi kesehatan di lingkungan RT003/005 Kelurahan Bumi, mahasiswa berharap warga dapat menjaga diri sendiri dan lingkungan di sekitarnya untuk selalu menerapkan 3M agar dapat mencegah penyebaran virus COVID-19 ini. Dengan bantuan Ketua RT 003/005, mahasiswa akan tetap memantau perkembangan protokol 3M yang diterapkan pemerintah, agar apa yang diharapkan dapat terwujud dengan baik.

Penulis: Fadilla Ananda F. Fakultas Teknik Universitas Diponegoro.
Editor: Nikie Astorina Yunita D, SKM., M.Kes.

VIDEO PILIHAN