Mohon tunggu...
Muhammad Fadlillah Ashari
Muhammad Fadlillah Ashari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Seorang Mahasiswa yang mempunyai ketertarikan besar pada sastra dan teknologi.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Rangkaian Kegiatan Kelompok KKN-K 228 Minggu Pertama

29 Juli 2022   15:02 Diperbarui: 29 Juli 2022   15:52 147 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan suatu bentuk kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa kepada masyarakat sebagai manifestasi tri dharma perguruan tinggi yang dilakukan dalam bentuk pengabdian dengan melibatkan beragam lintas keilmuan atau tingkat disipliner. Pada KKN tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Jember melakukan program kolaborasi 13 Perguruan Tinggi se-Jember. Tujuan KKN Kolaboratif Kabupaten Jember saat ini yaitu mahasiswa diharapkan berkontribusi penuh dalam verifikasi dan validasi data kemiskinan masyarakat Jember guna program bantuan sosial untuk masyarakat miskin lebih efektif dan tepat sasaran.

Pada KKN kali ini Kelurahan Sempusari yang terletak di Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember menjadi salah satu lokasi penerjunan kelompok 228 KKN tahun 2022. Setelah penerjunan kelompok 228, dilakukan serangkaian rapat koordinasi dengan perangkat desa membahas mengenai proker utama dan proker yang akan diusung oleh kelompok 228. Pada pertemuan ini kelompok 228 bersama dengan perangkat desa juga membahas mengenai berbagai potensi yang terdapat di Kelurahan Sempusari.

kkn 228
kkn 228

Pada hari berikutnya kelompok 228 bersama 3 pilar kelurahan yaitu Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan Lurah membahas fungsi utama dari ketiga pilar tersebut dan memperkenalkan kelompok 228 dengan RW/RT yang ada di Kelurahan Sempusari. Setelah mengunjungi kelurahan, pada malam harinya, Kelompok 228 ditugaskan untuk terjun ke masyarakat dalam hal membantu jalannya vaksinasi. Penerjunan Kelompok KKN 228 tersebut ditujukan demi memberikan edukasi dan kesempatan kepada masyarakat untuk mengikuti kegiatan vaksinasi di Kelurahan Sempusari sekaligus memperkenalkan kelompok 228 kepada warga. 

kkn 228
kkn 228

Pada hari berikutnya kelompok 228 melakukan pendataan UMKM yang ada di Kelurahan Sempusari, salah satunya yaitu UMKM milik pak Santoso yang memproduksi tempe, serta memperkenalkan dan menawarkan Nomor Induk Berusaha (NIB) kepada pemilik UMKM tersebut. Dengan adanya penjelasan mengenai NIB, pemilik UMKM bisa mendapatkan pengetahuan tentang perizinan usaha dan pengembangannya. Malamnya, kami ikut serta dalam kegiatan vaksinasi sesi kedua yang ada di RW 01 di Kelurahan Sempusari.

kkn 228
kkn 228

https://lp2m.unej.ac.id/

https://lppm.unipar.ac.id/

https://uij.ac.id/

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan