Mohon tunggu...
Fadilah Ramadani Jafar
Fadilah Ramadani Jafar Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pelajar

finished what you started

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Kehidupan sebagai Mahasiswa PBI UMY

23 April 2021   20:53 Diperbarui: 24 April 2021   09:10 259
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan bahasa inggris merupakan salah satu jurusan yang selalu diminati. banyak keuntungan yang bisa diperoleh dari lulusan pendidikan bahasa inggris . contohnya, jika kita menyukai jalan-jalan, kita bisa bergabung dengan tourism center karena bahasa inggris merupakan bahasa internasional otomatis kita akan bisa berkomunikasi dengan wisatawan mancanegara, kita juga bisa menjadi seorang pendidik di berbagai level pendidikan, bisa bergabung dengan media misalnya membuat subtitle ataupun pengisi suara pada film yang di alih bahasakan, bahkan bisa menjadi seorang jurnalis. Namun, banyak pertanyan seputar kehidupan mahasiswa pendidikan bahasa inggris yang sering dilontarkan. Daripada penasaran, saya sebagai mahasiswa pendidikan bahasa inggris (PBI) di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) akan berbagi kisah seputar asam manis kuliah di jurusan tercinta ini.

1. Akademik

Banyak pertanyaan yang sering diberikan kepada mahasiswa PBI tentang bagaimana menghafal kosakata sampai mempelajari tata bahasa. namun bukan itu saja hal yang sering dihadapi mahasiswa PBI. Teori tentang kependidikan, Penilaian pengajaran, penggunaan bahasa inggris dalam berbagai konteks seperti bisnis, presentasi, penulisan artikel, bahkan pertunjukkan drama, inilah yang menjadi santapan anak PBI. 

Dari kisah saya, dulu waktu sma jurusan saya berbeda dengan jurusan yang sekarang. dari IPA beralih ke Bahasa.  Tentunya jauh berbeda. awal semester tugas-tugas masih sedikit karena masih di hadapkan dengan komponen bahasa inggris saja seperti kosakata dan tata bahasa. seiring berjalannya waktu, tugas yang di emban semakin sulit. Teori-teori seputar pengajaran mulai diberikan. Tugas yang diberikan juga bukan hanya satu atau dua. Namun, banyak dan bisa menumpuk di meja. Hal semacam ini dapat diatasi tergantung dari diri kita sendiri juga, mau "berdamai" dengan tugas-tugas ini bagaimana. jalan yang biasa saya tempuh sendiri contohnya dengan mengunakan peta konsep yang bisa memudahkan kita untuk mengingat poin-poin penting dari teori yang diberikan. Cara ini juga bisa dilakukan teman-teman atau teman-teman bisa membagikan tips teman-teman melalui komentar di bawah .

2. Lingkungan kampus

Lingkungan adalah salah satu aspek penting untuk menunjang proses pembelajaran. Lingkungan yang nyaman bisa membuat proses pembelajaran jadi baik dan lingkungan seperti inilah yang saya temui. Saya mendapatkan teman-teman yang ramah, baik, bisa belajar bersama, bertukar pikiran, berbagi pengalaman dan saling mendukung satu sama lain. namun, bukan seputar pertemanan saja. di PBI UMY kita dapat berjumpa dengan dosen-dosen yang tak kalah serunya. Ekspektasi saya sebelum kuliah seperti akan bertemu dengan dosen killer, terpatahkan begitu saja ketika perjumpaan pertama di awal kuliah . Dosen yang di temui di PBI UMY adalah tipikal dosen yang ramah, seru, asyik, bahkan kekinian. Mereka selalu menyelipkan hal-hal yang berbau humoris dan hal-hal menyenangkan lainnya ke dalam proses belajar mengajar. Proses belajar mengajar yang nyaman ini membuat kita selalu rindu dengan aktivitas kita selama dikelas. 

3. Lingkungan rumah

Banyak percakapan yang menjadi langganan saya selama kuliah di jurusan Pendidikan bahasa inggris. respon-respon baik dari setiap orang yang saya temui membuat saya semakin bersemangat dan yakin terhadap jurusan tercinta ini. Selain itu juga, adik, teman, bahkan anak tetangga saya selalu meminta saya mengerjakan tugas bahasa inggris mereka. menurut saya ini adalah pengalaman yang seru dan bermanfaat karena saya bisa berbagi ilmu dengan mereka. Hal menarik lainnya yang saya dapatkan, saya bisa menonton film tanpa subtitle, baca buku atau novel, saling mengirim pesan dengan teman mancanegara dengan menggunakan bahasa inggris. Hal ini tentunya sekaligus membantu saya mengasah skill membaca, menulis, mendengarkan dan berbicara dalam bahasa inggris. 

Jadi, itu kisah dari saya seputar berkuliah di pendidikan bahasa inggris. Semoga tulisan ini dapat memberikan sedikit gambaran untuk teman-teman seputar kehidupan mahasiswa PBI. Terima kasih juga kepada teman-teman yang telah meluangkan waktunya untuk membaca postingan ini dan sampai jumpa di cerita menarik lainnya. see you

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun