Mohon tunggu...
Fadilah NurAmaliah
Fadilah NurAmaliah Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Mahasiswa IAIN JEMBER

Terus berkarya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pendidikan Sebagai Upaya Menanggulangi Angka Pengangguran dan Kemiskinan

7 November 2020   00:20 Diperbarui: 7 November 2020   00:24 70 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pendidikan Sebagai Upaya Menanggulangi Angka Pengangguran dan Kemiskinan
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dosen Pengampu : Bahrul Munib, SH.I.M.Pd.I

Nama : Fadila Nur Amaliah

NIM : T20191077

Prodi/Kelas : PAI A2

Mata Kuliah : Sosiologi Pendidikan

Kemiskinan merupakan suatu problem sosial yang terjadi dikehidupan masyarakat. Ketidakmampuan untuk mendapat standart hidup minimal, yaitu dimana kebutuhan ekonomi yang tidak terpenuhi dan memadai seperti keperluan rumah tangga, makanan, kehidupan sehari-hari, sehingga tidak terpenuhinya kehidupan yang layak.

Sedangkan pengangguran yaitu suatu hal yang melatar belakangi terjadinya suatu kemiskinan, banyak orang miskin karena dia mengalami pengangguran, tidak mempunyai pekerjaan yang tetap, bisa jadi dia punya pekerjaan tetapi tidak stabil, maksudnya kadang bekerja kadang juga tidak , ini juga termasuk dalam pengangguran sehingga tidak bisa memenuhi kebutuhan hidup yang layak untuk keluarga dalam setiap harinya. Hal inilah yang menjadi faktor terjadinya kemiskinan, semakin tinggi pengangguran dimasyarakat semakin tinggi pula angka kemiskinan.

Bahkan karena kemiskinan banyak anak yang tidak sekolah karena tidak mempunyai cukup biaya untuk menunjang pendidikannya, meskipun saat ini sudah adanya bantuan atau beasiswa untuk pelajar, tetapi tidak semua orang mendapat haknya bantuan tersebut.

Padahal disini Pendidikan adalah yang dapat membantu meminimalisir angka kemiskinan dan pengangguran, mengapa demikian, karena dengan seseorang berpendidikan mrupakan cara untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Makin tingginya Pendidikan makin tinggi kualitas tenaga kerja, jika tenaga kerja berkualitas maka akan mendorong pertumbuhan ekonomi. Karena jika mutu teknologi seseorang tinggi akan menghasilkan nilai tambah kinerjanya.

Jika seseorang berpendidikan tinggi dengan baik, maka akan menimbulkan keterampilan dan pengetahuan, dengan demikian seseorang akan kreatif dalam memikirkan dan mengolah pekerjaan nya, menjadikan lebih produktif sehingga meningkat pendapatan seseorang. Disini dapat dilihat bahwa Pendidikan dapat menunjang dan meminimalisir angka pengangguran sehingga seseorang akan mendapat hidup yang layak dan tidak adanya pengangguran.

Dan pemberdayaan masyarakat melalui Pendidikan kreatif, maksudnya adalah seseorang yang berpendidikan dengan baik  akan menumbuhkan pikiran kreatif, untuk mengolah bagaimana seseorang akan bekerja sehingga mengurangi angka pengangguran dimasyarakat. Oleh karena itu Pendidikan sangatlah penting untuk menunjang kehidupan yang lebih baik.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x