Mohon tunggu...
Fadila Armani
Fadila Armani Mohon Tunggu... Pelajar Kls XI Bisnis Daring dan Pemasaran , SMKN 50 Jakarta

Fadila Armani Pelajar Kls XI Bisnis Daring dan Pemasaran SMKN 50 Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Membangun Karakter Diri dengan Mengikuti Character Building

21 Mei 2020   13:51 Diperbarui: 21 Mei 2020   14:26 327 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Membangun Karakter Diri dengan Mengikuti Character Building
dedidwitagama.wordpress.com

Character Building adalah membangun karakter diri yang terdiri dari dua suku kata yaitu membangun dan karakter artinya membangun untuk memperbaiki, membina, mendirikan.

Sedangkan karakter adalah tabiat, watak, atau budi pekerti yang membedakan seseorang dengan yang lainnya. Tujuan Character Building adalah agar para siswa menjadi manusia yang cerdas dan mempunyai akhlak yang baik. Memiliki prinsip dan tujuan hidup yang benar dan tepat.

Di SMKN 50 Jakarta diadakan kegiatan Character Building setiap 6 bulan sekali sebelum menerima rapot semesteran, jadi semester 1 melaksanakan Character Building di bulan desember dan disemester 2 dilaksanakan pada bulan juni/juli. Character building diikuti oleh seluruh kelas dari kelas 10 sampai kelas 12 dan kegiatan ini wajib diikuti jika ada siswa yang tidak mengikuti kegiatan ini akan di beri teguran/hukuman seperti menulis surat pernyataan atau membuat makalah.

Biasanya ada 2 kegiatan di character building yaitu kegiatan rohani dan jasmani. Jadi kegiatan ini tidak sekedar melakukan kegiatan rohani saja namun ada juga kegiatan jasmaninya yang harus diikuti.

Kegiatan rohaninya seperti membaca doa bersama dilapangan, mendengarkan ceramah guru/ustadz dan melakukan kegiatan agama lainnya seperti sholat dhuha dan mengaji. Kegiatan rohani di character building ini dilakukan bisa di lapangan sekolah dan bisa juga di masjid besar dekat SMKN 50 Jakarta yaitu Masjid Al Marzukiyyah. 

Dan untuk kegiatan jasmaninya biasanya SMKN 50 Jakarta memdatangkan bapak-bapak TNI. Para bapak TNI ini sangat baik mengajarkan kami bagaimana memiliki sikap leadership dan berolahraga dengan baik. Biasanya kami dikumpulkan dahulu di aula kelas di atur jarak dan barisannya dan sebelum jalan ke tempat character building diberi himbauan terlebih dahulu agar kegiatan ini berjalan sesuai yang direncanakan.

Setelah bapak TNI dan guru memberikan himbauan, barulah kami jalan ke tempat character building. Untuk character building di kegiatan rohani kita melakukannya dilapangan luas dan pernah juga di BKT.

Kegiatan yang dilakukan seperti push up, olahraga senam, games yang mendidik, dan pelajaran untuk menjadi seorang yang memiliki sikap baik dan mempunyai jiwa kepemimpinan.

Seperti itulah kegiatan Character Building yang diadakan ala SMKN 50 Jakarta.

VIDEO PILIHAN