Mohon tunggu...
Fadila Armani
Fadila Armani Mohon Tunggu... Pelajar Kls XI Bisnis Daring dan Pemasaran , SMKN 50 Jakarta

Fadila Armani Pelajar Kls XI Bisnis Daring dan Pemasaran SMKN 50 Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Kegiatan Home Learning ala SMKN 50 Jakarta

19 Mei 2020   05:48 Diperbarui: 19 Mei 2020   05:44 4 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kegiatan Home Learning ala SMKN 50 Jakarta
smkn 50 dokumentasi

Sejak 16 maret 2020, SMKN 50 Jakarta menghimbau murid-murud untuk belajar di rumah, himbauan ini diberlakukan karena wabah covid 19 yang semakin bertambah tiap harinya. Jadi untuk mengurangi jumlah wabah covid 19 dan demi untuk menjaga keselamatan diri diberlakukanlah belajar di rumah bagi pelajar dan mahasiswa di Dki Jakarta. Selain itu penerapan ini diberlakukan agar dapat memutus rantau penyebaran covid 19.

Sudah terhitung proses belajar di rumah dari 16 maret sampai sekarang sudah kita lewati kurang lebih 2 bulan, waktu yang cukup lama kita, guru dan teman-teman tidak bertemu. Selama kita di rumah, diadakan kegiatan belajar mengajar melalui handphone/laptop. Para guru sudah mengatur jadwal belajar untuk siswa setiap harinya, dan jadwal tersebut dibagikan ke siswa agar siswa tau dan siap untuk belajar setiap harinya di rumah. Guru mata pelajaran setiap harinya memberikan materi dan tugas melalui Google Classroom.

dokpri
dokpri
Nahh, foto diatas ini adalah tampilan dari google classroom biasanya guru memberikan tugas, materi dan informasi melalui google classroom. Tetapi ada juga beberapa guru yang menggunakan media aplikasi Whatsapp sebagai alat berkomunikasi untuk kegiatan belajar kepada siswa. Siswa pun merasa senang walaupun belajar tidak bertatap muka dan kesekolah. Tetapi lama kelamaan rasa rindu itu datang, pasti kita rindu sekali bersekolah, belajar di kelas, bertemu bapak/ibu guru.

Dan untuk kegiatan ulangan/ pengambilan nilai biasanya memakai quiziz dan google form. Penggunaan metode ini tidak begitu sulit dan kebanyakan siswa sudah mengerti bagaimana melakukannya.

dokpri
dokpri
Kemudian pernah juga sesekali kita memakai aplikasi zoom untuk kegiatan belajar, aplikasi zoom ini menarik karena kita bisa melihat wajah guru  dan teman-teman kita sekelas. Jadi, selain untuk kegiatan belajar juga untuk melepas rasa rindu kepada guru dan teman-teman. Biasanya guru akan menshare meeting id dan pass nya agar siswa dapat bergabung melalui link yang dishare dan siswa tinggal mendownload aplikasi zoom di playstore kemudian mengklik link untuk bisa bergabung di zoom.

Bagaimana menarik bangett kan kegiatan home learning yang diadakan Smkn 50 Jakarta. Selain menarik, metode pembelajarannya sangat bervariasi banget lhoo dapat menambah ilmu dan pengalaman baru untuk siswa.

                        ~See you next article~

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x