Mohon tunggu...
Fadhil Ismail P
Fadhil Ismail P Mohon Tunggu... Lainnya - Hanya seorang penggemar Kereta

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga - 20107030067

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Rp 0, Keliling Kota Solo dengan Batik Solo Trans

30 April 2021   07:20 Diperbarui: 30 April 2021   09:31 3023
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dalam artikel sebelumnya, saya pernah membahas mengenai KA Batara Kresna yang menjadi salah satu transportasi alternatif warga solo menuju wonogiri maupun sebaliknya. Kali ini, saya akan membahas satu lagi moda transportasi di kota solo yang tidak kalah eksis nya dengan KA Batara Kresna yaitu Bus Batik Solo Trans yang biasa dikenal dengan singkatan BST. 

Batik Solo Trans merupakan layanan angkutan umum Bus Sistem Transit (BST) yang diresmikan pertama kali oleh Wali Kota Surakarta, Joko Widodo pada 1 September 2010. Pengoperasian pertama bus ini pada koridor 1 dengan rute Bandara Internasional Adi Soemarmo (Kab. Boyolali) - Terminal Palur (Kab. Karanganyar).  Saat itu, Batik Solo Trans dioperasikan oleh Perum Damri. Kini, Batik solo trans mempunyai 4 koridor perjalanan yang baru mengalami perubahan dan diberlakukan tanggal 15 maret 2021, Karena beroprasinya fly over purwosari.  Rute BST nya yaitu:  

Koridor 1: Terminal Palur - Bandara Adi Soemarmo.

Koridor 2: Terminal Palur - Terminal Kerten.

Koridor 3: Tugu Cembengan - Terminal Kartosuro.

Koridor 4: Terminal Palur - Terminal Kartosuro.

Perincian perubahan rute pada Koridor 1, Terminal Palur - Bandara Adi Soemarmo PP berubah dengan melintasi flyover Purwosari dan seterusnya lewat Faroka - RS UNS - Gembongan - hingga bandara.

Kemudian untuk rute Koridor 2, Terminal Palur - Sub Terminal Kerten bakal lewat bawah flyover Purwosari. Lalu, rute Koridor 3 Tugu Cembengan - Terminal Kartasura dan Koridor 4 Terminal Palur - Terminal Kartasura tidak melewati flyover Purwosari. Rute lengkap Bus Batik Solo Trans bisa dilihat melalui akun sosial medianya maupun web pariwisatasolo.surakarta.go.id.

posjateng.id
posjateng.id
Selain itu, ada enam angkutan pengumpan (feeder) yang melayani rute RSUD Ngipang-Pasar Klewer, Cemani (Lotte Grosir)-Taman Jayawijaya, Sub Terminal Semanggi-Mojosongo, Pasar Klewer-Terminal Palur, Pasar Klewer-Terminal Tirtonadi dan Pasar Klewer-Gentan.

Tarif Bus Batik Solo Trans hingga saat ini masih gratis hingga batas waktu yang belum ditentukan, karena masih menunggu PM Perhubungan yang menetapkan tarif, setelah ada kajian ability to pay (ATP) dan willingness to pay (WTP). Namun, penumpang masih tetap harus menempelkan kartu e-Money saat naik dan turun dan tidak memotong saldo. Bagi penumpang yang tidak memiliki kartu, masih diperbolehkan naik asalkan masih dalam masa gratis.

Selama pandemi Covid-19, jumlah penumpang BST dibatasi hingga maksimal 50 persen dari kapasitas total. Sehingga semua bus maksimal berkapasitas setengahnya yaitu 30 tempat duduk dan tidak ada yang berdiri. Total per hari dari empat koridor yang beroperasi mengangkut 3.000-an penumpang.

Koridor 4 dengan 18 unit bus memiliki jumlah penumpang paling sedikit dibandingkan koridor lainnya karena koridor tersebut merupakan rute baru yang masih butuh sosialiasi. Total armada yang melayani empat koridor itu berjumlah 83 unit dengan rincian, Koridor 1 ada 27 unit, Koridor 2 ada 16 unit, koridor 3 ada 22 unit, dan Koridor 4 ada 18 unit. Pengemudi Bus Batik Solo Trans terikat dengan standard operating procedure (SOP) sehingga mereka wajib mematuhi standar pelayanan yang berlaku karena sudah mendapatkan gaji dari pemerintah. para pengemudi tersebut dilarang mengebut atau ngetem panjang hingga merugikan penumpang.

Bus Batik Solo Trans beroperasi mulai pukul 05.00 hingga pukul 20.00. Pada masa pamdemi ini, mobilitas warga Surakarta dan sekitarnya mengalami penurunan, sehingga berpengaruh terhadap jam pelayanan BST. Jika sudah kembali ke masa new normal, tentunya layanan BST dapat diperpanjang hingga pukul 22.00 agar para pekerja malam seperti di pusat perbelanjaan yang tutup pukul 21.00, masih dapat menggunakan BST untuk kembali ke tempat tinggalnya.

Di sepanjang koridor utama BST terdapat Halte bus cerdas (smart halte bus). Halte bus tersebut dilengkapi dengan public transport information system yang dapat berfungsi untuk mengetahui realtime posisi bus, titik integrasi jaringan transportasi umum, informasi yang terkait pelayanan di Pemkot, dan infomasi kegiatan di kota. Selain itu, halte tersebut juga menyediakan ruang untuk memasang iklan. Iklan yang terpasang tentunya dapat menambah pendapatan asli daerah (PAD).

Kini, Baru terbangun sembilan halte baru dengan kelengkapan public transport information system. Namun, ada sejumlah halte lama yang sudah dilengkapi 29 public transport information system. Beberapa halte juga dilengkapi fasilitas parkir sepeda. Transportasi Bus Batik Solo Trans ini juga terintegrasi dengan Bus Trans Jateng rute Terminal Tirtonadi (Surakarta) -Terminal Sumber Lawang (Kab. Sragen).

Kedepannya, Bus Batik Solo Trans segera melintas di wilayah Solo Baru, Sukoharjo, mengikuti adanya kesepakatan antara kedua pemerintah daerah. Ada dua koridor yang rencananya akan beroprasi hingga sukoharjo, Kedua koridor tersebut yaitu koridor 5 dan koridor 6. Rincian rute koridor 5 yaitu Terminal Kartasura-Jl Adi Soemarmo, Colomadu - Jl Adi Soemarmo - Jl Letjen Suprapto - Jl Jenderal Ahmad Yani - Jl Adi Sucipto - Jl Dr Moewardi - Jl. Slamet Riydi - Jl Yos Sudarso - Jl Veteran - Jl Kyai Mojo - Sub Terminal Semanggi - Jl Kyai Mojo - Pasar Bekonang.

Sedangkan rute koridor 6 yaitu Terminal Tirtonadi - Jl Ahmad Yani - Jl Letjen S Parman - Jl Gajah Mada - Jl RM. Said - Jl Teuku Umar - Jl Ronggowarsito - Jl Diponegoro - Jl Slamet Riyadi - Jl. Jenderal Sudirman - Jl Mayor Sunaryo - Jl Kapten Mulyadi - Jl. Veteran - Jl Yos Sudarso - Jl Ir Soekarno - Solo Baru (RS Indriati). Tidak hanya BST, Bus wisata seperti Werkudara dan bus Mayapada juga dapat merambah wilayah Sukoharjo. Hal itu bertujuan agar wisatawan tidak hanya berwisata di Solo namun Soloraya secara luas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun