Mohon tunggu...
Fadhil Ismail P
Fadhil Ismail P Mohon Tunggu... Hanya seorang penggemar Kereta

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga - 20107030067

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Edwin Sirnagalih, Villa Asri di Lereng Gunung Salak

20 April 2021   07:57 Diperbarui: 20 April 2021   08:04 352 4 0 Mohon Tunggu...

Kota Bogor dikenal dengan kawasan puncak-nya yang dihiasi dengan area perbukitan, taman, air terjun, hingga wisata buatan. Selain Puncak, ada juga kawasan Tamansari yang memiliki beberapa destinasi wisata yang tidak kalah menarik. Jika berkunjung ke kawasan tersebut, kita tidak perlu bingung lagi untuk mencari sarana penginapan. Karena di daerah puncak maupun tamansari terdapat beberapa alternatif villa hingga hotel yang bisa dituju untuk beristirahat. salah satunya yaitu Villa Edwin Sirnagalih.

DOKPRI
DOKPRI
Villa Edwin Sirnagalih ini terletak di lereng Gunung Salak tepatnya di RT 2 RW 10 Jalan Kabandungan II,  Sirnagalih, Kecamatan Tamansari, Bogor, Jawa Barat. Villa ini tidak memiliki plang atau tanda yang menandakan bahwa terdapat sebuah villa pada pintu masuknya. Sehingga banyak orang dari luar yang tidak mengetahui keberadaan Villa Edwin ini.

Saya kemudian menanyakan hal tersebut kepada salah satu pengurus yang sudah cukup lama bekerja di Villa Edwin Sirnagalih ini, yaitu Mas Irwan. Beliau berasal dari bandung dan berusia sekitar 40 tahun. Mas Irwan pun menjelaskan, bahwa villa ini memang ditawarkan secara mulut ke mulut, justru pengunjung sendiri yang membantu mempromosikan salah satunya melalui youtube. 

Villa Edwin Sirnagalih sudah ada sejak 20 tahun yang lalu dan dibangun secara bertahap. Hingga saat ini, villa edwin memiliki luas kurang lebih 5 hektare dan memiliki 16 kamar sebagai tempat beristirahat yang biasa disewa oleh keluarga atau rombongan besar. Selain sebagai tempat istirahat, villa ini juga biasa digunakan oleh anak anak sekolah untuk outboud, camping, makrab, pramuka dan kegiatan lainya yang diadakan di taman yang luas pada villa tersebut.

DOKPRI
DOKPRI
Mas Irwan juga menambahkan, fasilitas yang terdapat di area villa diantaranya seperti kolam renang, Mushola, kamar mandi, dan game untuk anak-anak. "kan kalau sekolah biasanya mereka (anak-anak) itu harus ada game, tapi mereka yang nyediain acara, kita yang sediakan fasilitasnya saja" tutur Mas Irwan, Senin (29/03/21). Fasilitas kamar mandinya sendiri, villa ini memiliki sekitar 20 kamar mandi di area taman yang biasa digunakan untuk kegiatan seperti camping dan outbond. "Karena kamar mandi itu kan vital ya, biasanya ditanya, berapa kamar mandinya? sumurnya lancar nggak? gitu", tambahnya.

Pada area villa ini juga terdapat Aula serbaguna yang biasa digunakan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari seminar, hingga resepsi pernikahan. villa edwin juga memiliki akses yang dekat dengan sarana ibadah dan juga minimarket jika ingin membeli berbagai kebutuhan selama berlibur disana.  

Selain itu, pada lahan villa edwin terdapat berbagai macam hewan seperti kambing, kelinci, angsa, dan berbagai hewan lainya. Bagi penggemar tanaman, pada lahan villa juga terdapat tempat pembibitan tanaman yang bisa disewa dan dibeli langsung melalui pemilik villa tersebut. Selain itu, pada area villa juga terdapat kolam ikan dan kolam pancing. Namun, untuk kolam pancing yang ada disini tidak menyediakan ikan, karena hanya digunakan sebagai fasilitas permaianan saja.

"Disini memang tidak menyediakan ikan, mereka (pengunjung) yang membawa ikan sendiri atau bisa kita belikan, kemudian dilepas di kolam dan ditangkap lagi. ya sekedar untuk hiburan aja", ujar mas irwan. 

Dok.pri
Dok.pri
Karena lokasinya yang berada di kaki gunung salak, Tidak heran bila hawa di Villa Edwin terasa sangat sejuk dan mempunyai view atau pemandangan area persawahan yang asri dan cukup menyegarkan mata. Villa Edwin Sirnagalih juga memiliki keunggulan tatanan landscape yang memanfaatkan kondisi lahan miring untuk pengaliran air dalam bentuk kolam, sungai sungai dan air terjun kecil sehingga membuat suara gemercik air yang mengalir di villa tersebut tanpa menggunakan pompa. Suara gemricik air yang mengisi kesharian disana membuat suasana terasa lebih syahdu. Pada lahan villa juga ditanami pohon pohon langka seperti pakis monyet, nipah, pohon tin dan berbagai tanaman lainya yang sangat terwat dengan baik.

Kamar-kamar yang ada di Villa Edwin sirnagalih sudah menggunakan solar sel sebagai sumber listrik sehingga lebih hemat energi. Jika butuh bantuan, villa ini memiliki 12 karyawan yang selalu stand bay 24 jam untuk melayani pengunjung. "Kalau ada tamu kita biasanya 24 jam, Jadi kalau ada tamu kita stand bay, kalau pas tidur ya tinggal dibangunin aja, takut ada apa-apa" ujar mas irwan.  

Villa Edwin ini juga terasa seperti milik sendiri. karena biasanya apabila sudah disewa oleh keluarga atau rombongan besar, villa ini kemungkinan tidak menerima tamu lagi diluar keluarga atau rombongan tersebut agar lebih nyaman. kalaupun masih menerima tamu, biasanya di tempatkan di spot yang berbeda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN