Mohon tunggu...
Fadhil Ismail P
Fadhil Ismail P Mohon Tunggu... Hanya seorang penggemar Kereta

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga - 20107030067

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Pilihan

Mulai Rp5000, Layanan Kelas Premium Milik KAI Bandara Soetta

10 April 2021   12:18 Diperbarui: 10 April 2021   12:19 127 11 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mulai Rp5000, Layanan Kelas Premium Milik KAI Bandara Soetta
Dok: M. Luthfi Surya

Dalam artikel sebelumnya, saya pernah membahas mengenai Kereta Api Bandara Internasional Adi Soemarmo (BIAS). Kali ini saya akan membahas mengenai KA Bandara yang sudah tidak asing lagi bagi warga Jakarta, yaitu KAI Bandara Soekarno-Hatta. Kereta ini kembali menjadi perbincangan, karena pada tanggal 1 april 2021 mulai di uji coba alternatif pilihan baru dari KA Bandara Soetta yaitu KAI Bandara kelas Premium dengan harga yang lebih terjangkau mulai dari Rp.5000 saja.

Layanan KAI Bandara Premium ini merupakan Kereta Bandara yang mengalami penyesuain tarif dan denah tempat duduk pada jadwal tertentu dari KA Bandara Eksekutif yang beroprasi saat ini. Sehingga dengan adanya KA Bandara Premium ini, tidak akan menghapus perjalanan KA Bandara Eksekutif.

KA Bandara Premium memiliki sepuluh jadwal keberangkatan setiap harinya, yaitu keberangkatan dari Stasiun KA Bandara Manggarai pukul 06.07 WIB, 08.37 WIB, 11.07 WIB, 13.37 WIB dan 16.07 WIB. Sedangkan keberangkatan dari Stasiun Bandara Soekarno-Hatta pukul 07.19 WIB, 09.49 WIB, 12.19 WIB, 14.49 WIB dan 17.19 WIB.

Pada banner Jadwal KAI Bandara Soetta, Jadwal keberangkatan KAI Bandara Premium adalah yang bertanda bintang dan berwarna orange, sedangkan untuk jadwal keberangkatan yang tidak bertanda bintang adalah jadwal keberangkatan KAI Bandara Eksekutif dengan tarif normal.

Tarif KAI Bandara Eksekutif berkisar antara Rp. 10.000 hingga Rp. 70.000. Sedangkan para calon penumpang dapat menikmati layanan KAI Bandara Premium untuk menunju bandara soekarno - Hatta dengan tarif promo yang berkisar antara Rp. 5000 hingga Rp. 30.000. Rincian tarif KAI Bandara premium ini sebagai berikut:

  • Rp. 5.000: untuk semua rute selain Bandara Soekarno -- Hatta
  • Rp. 25.000: rute Bandara Soekarno -- Hatta sampai Stasiun Batu Ceper maupun sebaliknya
  • Rp. 30.000: rute Bandara Soekarno -- Hatta sampai Stasiun Duri/ BNI City / Manggarai

Sedangkan Rincian tarif KAI Bandara Eksekutif sebagai berikut:

  • Rp. 10.000: untuk rute Manggarai -- Duri/ BNI City maupun sebaliknya, rute Duri -- Batu Ceper/ BNI City maupun sebaliknya.
  • Rp. 35.000: rute Bandara Soekarno -- Hatta sampai Stasiun Batu Ceper maupun sebaliknya, rute Batu Ceper - Manggarai/BNI maupun sebaliknya.
  • Rp. 70.000: rute Bandara Soekarno -- Hatta sampai Stasiun Duri/ BNI City / Manggarai

Dok: M. Luthfi Surya
Dok: M. Luthfi Surya
Tiket KA Bandara Premium hanya berlaku untuk pembelian di channel offline melalui Vending Machine, meja informasi Point of Sales Stasiun KAI Bandara, serta online channel melalui Website KAI Bandara (www. reservation.railink.co.id), atau Mobile Apps KAI bandara. Tidak berlaku channel pembelian melalui Both terminal soekarno hatta, Tap & Go, traveloka maupun tiket.com.

Metode Pembayaran yang dapat diterima hanya non-tunai seperti link aja, kartu debit, kartu kredit, virttual accaunt, E money, ATM dan lain sebagainya, yang bisa di lihat untuk lebih jelasnya melalui akun sosial media KAI Bandara. 

Perbedaan yang membuat KAI Bandara kelas Premium ini tarifnya lebih murah dibandingkan KAI Bandara kelas Eksekutif, karena kelas premium memiliki konfigurasi tempat duduk yang berjejer ke samping, serupa dengan konfigurasi tempat duduk MRT dan juga KRL sehingga lebih memuat banyak penumpang. Sedangkan KAI Bandara Executive memiliki konfigurasi tempat duduk yang menghadap ke depan dan belakang arah laju kereta. 

Selain itu, untuk fasilitas yang tersedia di kelas premium ini sama dengan yang terdapat di kelas eksekutif, misalkan seperti Toilet, Rak penyimpanan bagasi, CCTV, Papan informasi, USB charger dan ada penambahan fasilitas handle grip untuk pegangan penumpang yang berdiri.  

KA Bandara Soekarno-hatta baik kelas eksekutif maupun premium ini memiliki 5 stasiun pemberhentian yaitu Stasiun KA Bandara Manggrai, Stasiun Sudirman (BNI City), Stasiun Duri, Stasiun Batu Ceper, dan sampai di pemberhentian terakhir Bandara Soekarno-Hatta dengan jarak sekitar 36 km dan waktu tempuh sekitar 55 menit dari Stasiun BNI City menuju Stasiun Bandara Soekarno Hatta jika jadwal tepat waktu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN