Mohon tunggu...
Fadhil Dzaky
Fadhil Dzaky Mohon Tunggu... Mahasiswa - -

-

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Bijak dalam Bersosial Media

11 September 2022   18:39 Diperbarui: 11 September 2022   18:44 75 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Media sosial adalah tempat yang digunakan orang-orang untuk berinteraksi satu sama lainnya dengan cara saling bertukar informasi maupun membagikan konten berupa foto, video ataupun tulisan. Sosial media saat ini banyak sekali jenisnya seperti Instagram, tiktok, line, whatsapp, dll.

Sebagian orang menganggap kemajuan media sosial ini memberikan dua dampak, yaitu positif dan negatif. mengetahui dampak media sosial yang positif dan negatif menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Pengetahuan tentang hal tersebut nantinya akan membuat penggunanya menggunakan media sosial dengan lebih bijak.

Berikut merupakan dampak negatif dan positif dalam bersosial media :

Dampak Negatif

Dalam penggunaannya itu masih banyak orang yang tidak bijak dalam menggunakan sosial media. Seperti

Sebagai media Ujaran Kebencian

Saat ini banyak orang di sosial media yang melakukan ujaran kebencian. Latar belakang pelaku melakukan ujaran kebencian karena mereka sakit hati dan dendam dengan korban. Dampak yang ditimbulkan sangat berbahaya untuk korban. Apalagi sosial media merupakan tempat yang terbuka sehingga ujaran kebencian yang dilontarkan dapat dilihat oleh khalayak ramai. Hal tersebut menyebabkan korban depresi, trauma hingga dapat menyebabkan bunuh diri.

FOMO (Fear of Missing Out)

FOMO adalah suatu bentuk kecemasan yang didapatkan ketika takut ketinggalan kabar atau tren yang sedang berlangsung. Misalnya, sering membuka smartphone dan mengecek media sosial sepanjang hari untuk memastikan bahwa tidak ketinggalan informasi viral atau tren tertentu.

Persebaran informasi palsu (Hoax)

Dampak negatif lainnya yang saat ini sedang ramai di perbincangkan yaitu orang-orang yang menyebar berita hoax. Apalagi sosial media ini sudah berkembang pesat dengan cepatnya informasi yag beredar sehingga berita -- berita hoax menyebar dengan cepat ke masyarakat. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan