Mohon tunggu...
Fadhilatur Rahmaniyah
Fadhilatur Rahmaniyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi saya bercerita dan ini adalah web saya, belong a girl with a glasseng and a bright smile

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pancasila sebagai Asas Gen Z

25 September 2022   22:39 Diperbarui: 25 September 2022   22:40 112 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

"Kemajuan Bangsa tergantung pada generasi penerusnya." Indonesia merupakan negara berkembang yang memiliki landasan dalam bernegara, yakni ideologi pancasila. Pada masa mendatang kemajuan indonesia akan berkembang pesat baik itu dari segi politik, pendidikan, teknologi, ekonomi, bahkan sosialnya. 

Peran pemuda pemudi indonesia disini sangatlah dibutuhkan untuk masa depan dalam menghadapi reformasi industri 4.0 perlu banyak hal yang harus dipersiapkan sehingga menjadikan bibit bibit unggul dimasa depan. 

Salah satunya dengan bimbingan dan menanamkan dasar-dasar dan nilai pancasila sejak dini kepada anak anak indonesia. Pendidikan moral yang berdasar pada urgensi pancasila juga sangat dibutuhkan  agar muda mudi indonesia memiliki jiwa cinta tanah air.

Pancasila juga sangat dibutuhkan untuk kemajuan dan berkembangnya bangsa ini yaitu berfungsi sebagai filter ideologi asing yang masuk ke indonesia, membentengi jiwa dalam bernegara, dan penolakan terhadap budaya asing yang masuk ke indonesia. Dalam hakikatnya pancasila merupakan hal penting yang harus di tanamkan pada setiap diri manusia, sehingga tidak terjadi  penyimpangan-penyimpangan yang melanggar norma

Beberapa hal yang melanggar norma yaitu tindak asusila, kenakalan remaja, dan bullying yang terjadi pada lingkungan sekitar kita. Seperti halnya kasus pelecehan seksual yang baru baru ini terjadi di pondok pesantren Majma'al Bahroin Hubbul Wathon Minal Iman Shiddiqiyyah, Ploso, Jombang, Jawa Timur yang mana pelakunya adalah putra dari pengasuh ponpes shidduqiyah sendiri, yang menjadikan banyak korban santriwati dari ponpes tersebut, bahkan dari pihak tersangka sempat tidak mengakui kesalahan yang diperbuat sehingga mengharuskan para tni dan polri untuk bertindak tegas dan mengepung tersangka yang bertempat di ponpes shiddiqiyah jombang, sampai segala upaya dan penyidikan dilakukan pada akhirnya  kasus ini bisa terselesaikan dan tersangka telah diamankan oleh pihak berwajib. 

Pada kasus lain yang baru baru ini telah terjadi pula, yaitu bullying yang terjadi di pondok pesantren Darussalam Gontor yang mana menewaskan satu korban santri asal palembang karena dianiaya sebab kasus bullying. Pihak pondok sudah mengamankan dan ditangani secara tegas. Oleh karena itu pendidikan karakter yang berlandaskan asas pancasila sangatlah dibutuhkan untuk menjauhi kemungkinan kemungkinan yang akan terjadi sebab kelalaian dan kurangnya kesadaran diri terhadap norma norma yang ada di Indonesia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan