Mohon tunggu...
Fadhila rachma
Fadhila rachma Mohon Tunggu... Lainnya - -

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pengaruh Pemimpin Terhadap Perubahan di dalam Organisasi

20 Agustus 2021   14:24 Diperbarui: 20 Agustus 2021   14:32 101 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Di dalam organisasi pemimpin yang sukses adalah mereka yang dapat melaksanakan tugas nya dengan baik dan mencapai tujuan organisasi dengan apa yang sudah di rencanakan sebelumnya. Pemimpin yang sukses dapat melakukan perubahan di dalam orgnasasi nya, perubahan tersebut bisa di lihat dari kemampuan seorang pemimpin dalam hal perubahan teknologi yang di gunakan dalam organisasi tersebut, perubahan dalam struktur organisasi, perubahan dalam keterampilan masing-masing anggota tim nya yang mungkin saja sebelum nya kurang terampil dalam mengerjakan masing-masing tugas nya, dengan adanya pengaruh pemimpin untuk melakukan perubahan tersebut maka anggota tim bisa menjadi lebih terampil dalam melakukan pekerjaan tugasnya di dalam organisasi. Selain itu juga, pengaruh pemimpin dalam perubahan organisasi juga bisa dalam bentuk budaya baru yang berlaku di dalam organisasi. 

Dalam melakukan perubahan di dalam organisasi tentu saja banyak hambatan atau rintangan yang akan di hadapi oleh pemimpin, untuk mengatasi hambatan atau rintangan tersebut pemimpin dapat mendorong serta mendukung kreativitas para anggota tim nya agar dapat menerima perubahan di dalam organisasi. Pengaruh pemimpin terhadap perubahan di dalam organisasi dinyatakan oleh (Hersey 2000: 491) bahwa pemimpin yang berpengaruh, yaitu pemimpin yang tidak melaksanakan perubahan dalam kondisi fakum, akan tetapi perubahan di dalam organisasi itu disempurnakan dengan hati-hati melalui penciptaan berbagai bagian. Selanjutnya, menurut (Hersey 2000) dengan adanya pertimbangan dan pandangan terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi suksesnya perubahan di dalam organisasi, serta dampak-dampak positif dapat diusulkan untuk terjadinya perubahan di dalam organisasi tersebut.

Sedangkan untuk merencanakan dan mengimplementasikan perubahan di dalam orgnasasi sangat diperlukan sosok pemimpin yang kuat dalam usaha melakukan perubahan di dalam organisasi nya. Dalam perubahan di dalam organisasi, sosok pemimpin yang kuat tersebut bisa melalui tindakan dari pemimpin dalam mempengaruhi anggota tim organisasi nya yang mengarahkan anggota tim nya untuk dapat mencapai perubahan di dalam organisasi. Menurut penelitian yang dilakukan oleh (Irawaty A. Kahar 2008), mengemukakan bahwa terdapat beberapa aspek-aspek kepemimpinan dalam hal perubahan organisasi, yaitu pemimpin yang dapat melakukan beberapa tindakan seperti:

1. Yang pertama yaitu pemimpin yang dapat memberikan, mengembangkan dan meyebarkan visi,

2. Yang kedua yaitu pemimpin sebagai komunikator, selaim itu juga pemimpin dapat menjadi agen perubahan untuk para anggota tim nya,

3. Lalu yang ketiga adalah pemimin sebagai pelatih dan yang terkahir, seorang pemimpin dapat menganalisa pemanfaatan teknologi di dalam organisasi nya.

Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan