Mohon tunggu...
Fadhila rachma
Fadhila rachma Mohon Tunggu... Lainnya - -

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Peran Pemimpin dalam Mensosialisasikan Budaya Organisasi kepada Para Pengikutnya

16 Agustus 2021   17:05 Diperbarui: 16 Agustus 2021   17:14 105 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Pengaruh seorang pemimpin di dalam organisasi sangat penting bagi para pengikutnya. Pemimpin harus dapat memberikan pengaruh yang positif kepada pengikutnya. Peran pemimpin sendiri sangat dibutuhkan untuk kemajuan organisasi. 

Karena pada dasarnya seorang pemimpin menjalankan tugasnya untuk menentukan visi dan misi, tujuan organisasi, selain itu juga pemimpin menentukan aktivitas yang akan dilakukan bersama dengan para pengikutnya serta kebijakan yang harus dijalankan oleh para pengikutnya juga di dalam organisasi tersebut. 

Di dalam organisasi sendiri tentu saja terdapat budaya organisasi yang dapat memberikan pengaruh terhadap kinerja perusahaan baik itu yang lebih baik atau lebih buruk.

Apa yang dimaksud budaya organisasi? Seberapa pentingkah bagi kita untuk memahami budaya organisasi?

Mengenai pengertian dari budaya sendiri, menurut (Richard L.Daft 2018: 431) dalam buku nya yang berjudul The Leadership Experience, mengatakan bahwa budaya dapat didefinisikan sebagai seperangkat nilai kunci, asumsi, pemahaman, dan norma yang dimiliki bersama oleh anggota organisasi dan diajarkan kepada anggota baru sebagai hal yang benar. Adapun definisi norma menurut (Richard L.Daft 2018: 431), norma adalah standar bersama yang menentukan perilaku apa yang dapat diterima dan diinginkan dalam sekelompok orang. 

Penting bagi kita untuk memahami budaya organisasi, karena pada dasarnya budaya organisasi dapat membantu anggota tim organisasi dalam hal mengembangkan identitas kolektif dan mengetahui bagaimana cara bekerja sama antar anggota tim lainnya secara efektif untuk mencapai tujuan organisasi. 

Selain itu juga budaya organisasi dapat menentukan bagaimana suatu organisasi dalam hal memenuhi tujuan dari organisasi itu sendiri dan berhubungan dengan pihak luar organisasi.

Di dalam proses sosialisasi biasanya peran pemimpin sangat dibutuhkan untuk memberikan dukungan serta koordinasi yang tepat bagi pengikutnya untuk memahami tentang budaya organisasi itu sendiri. Menurut (Susanto 1997), untuk dapat mensosialisasikan budaya organisasi terdapat beberapa langkah penting yang harus dilakukan oleh pemimpin di dalam organisasi yaitu sebagai berikut:

1. Langkah pertama, pemimpin organisasi harus memberikan keteladanan, terutama di dalam lingkungan yang bersifat paternalistik yang menempatkan seorang pemimpin sebagai sentral figur.

2. Langkah kedua, organisasi harus dapat adaptif terhadap subkultur yang ada yakni tidak bertentangan dengan budaya organisasi dan turut serta memperkaya main culture atau dominant culture di dalam organisasi tersebut.

3. Langkah terakhir, organisasi harus senantiasa memberikan dorongan kepada para pemimpin dan anggota tim untuk mengimplementasikan budaya organisasinya dalam setiap event penting, terutama yang bersifat ritual.

Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan