Mohon tunggu...
Fadhila rachma
Fadhila rachma Mohon Tunggu... Lainnya - -

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Peran Penting Pemimpin Sebagai Motivator untuk Karyawannya

7 Agustus 2021   15:07 Diperbarui: 7 Agustus 2021   15:12 210 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Peran Penting Pemimpin Sebagai Motivator untuk Karyawannya
Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Di setiap organisasi peran pemimpin sangat diperlukan guna mencapai tujuan sebuah organisasi. Pemimpin harus dapat melakukan tugasnya dengan baik, seperti menempatkan tugas masing-masing anggota tim organisasi sesuai dengan kemampuan masing-masing anggota tim organisasi nya. 

Sebagai seorang pemimpin, tentu harus dapat melaksanakan tugas-tugasnya seperti merencanakan kegiatan organisasi, menggerakkan rencana yang sebelumnya sudah direncanakan, dan mengawasi setiap aktivitas organisasi agar dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.

Selain itu tugas utama dari seorang pemimpin adalah mereka yang harus bisa memotivasi karyawannya agar dapat mencapai tujuan dan meningkatkan kinerja karyawannya sehingga tercapailah tujuan organisasi yang telah ditetapkan. Lalu apa peran penting pemimpin sebagai motivator untuk karyawannya?

Sebelum membahas lebih lanjut lagi, penting untuk kita semua mengetahui pengertian dari motivasi dan motivator itu sendiri. Seperti yang dikatakan (Daft 2018:234) sebagai seorang motivator ialah mereka yang memenuhi kebutuhan tingkat tinggi seperti kebutuhan untuk berprestasi, pengakuan, tanggung jawab, dan kesempatan untuk berkembang. 

Sedangkan pengertian motivasi menurut (Daft 2018:228) mengatakan bahwa motivasi mengacu pada kekuatan baik internal maupun eksternal seseorang yang membangkitkan antusiasme dan ketekunan untuk mengejar tindakan tertentu.

Menurut (Gusti Meika Madyarti 2021) mengatakan bahwa motivasi merupakan pendorong yang ada dalam diri individu yang memberikan daya penggerak untuk melakukan sesuatu dengan sebaik mungkin. Apabila individu tersebut memiliki motivasi yang tinggi maka dia akan mencapai kepuasan dalam melakukan pekerjaan, karena tujuan yang akan dicapai dan yang diinginkan oleh organisasi dapat terwujud. 

Beliau juga mengatakan bahwa pemimpin sebaiknya memberikan kesempatan kepada karyawannya untuk memberikan saran atau ide yang ditujukan untuk pengembangan tujuan organisasi. Karena pada dasarnya motivasi karyawan akan tercipta apabila karyawan diberi kesempatan untuk menyampaikan saran, ide atau gagasan yang akan membuat kualitas karyawan semakin berkembang.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan