Mohon tunggu...
Fachrul Hidayat
Fachrul Hidayat Mohon Tunggu... Petani

Seorang Petani. Menulis kalau sempat dan naik gunung kalau ada yang ajak. Personal blog: fachrulhyd.com

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Sejuknya Taman Anggrek Bancea di Poso

20 November 2020   08:10 Diperbarui: 22 November 2020   03:32 126 13 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sejuknya Taman Anggrek Bancea di Poso
Taman Anggrek Bancea (Dok. Pribadi)

Taman Anggrek Bancea adalah taman wisata alam yang terletak di pesisir danau Poso, tepatnya di Desa Bancea, Kecamatan Pamona Barat, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Menurut penuturan beberapa warga Poso, taman ini adalah wisata andalan kabupaten Poso di penghujung tahun 90an.

Ditumbuhi ribuan jenis tanaman anggrek, termasuk anggrek hitam dan anggrek bulan yang adalah dua jenis tanaman langka, taman anggrek Bancea pernah menarik banyak pengunjung. Sayangnya, entah akibat pengeloaan yang kurang baik atau lokasi yang jauh dari pemukiman, Taman Anggrek Bancea kini sepi pengunjung, bahkan bisa dikatakan terbengkalai.

Akses ke lokasi Taman Anggrek Bancea bisa ditempuh via darat dengan mobil atau motor dan juga bisa dengan transportasi air melalui danau Poso. Taman ini berjarak sekitar 50 km dari Tentena, kota di sisi utara danau Poso dan 25 km dari Pendolo di sisi selatan danau Poso.

Setiba di kawasan Taman Anggrek Bancea, pengunjung akan disambut papan sambutan disertai tata tertib pengunjung yang terpajang di sisi jalan, bersebelahan dengan bangunan pos pembelian tiket yang kini sudah kosong. Selanjutnya lalu memasuki taman melalui penurunan dengan tangga beton yang terjal untuk sampai di sisi bawah taman yang berdampingan dengan tepi danau Poso.

Taman Anggrek Bancea (Dok. Pribadi)
Taman Anggrek Bancea (Dok. Pribadi)

Meskipun kini tak terurus dengan baik lagi, Taman Anggrek Bancea tetap saja adalah alam warisan Tuhan yang punya kekuatannya sendiri. Datanglah ke tempat ini kapan saja. Keseimbangan alam selalu bekerja dan menciptakan suasana hutan yang sejuk nan meneduhkan hati yang akan membuat anda betah berlama-lama berada di kawasan ini.

Lalu jika tanaman anggrek sudah tak terawat dan jumlahnya tak sebanyak dahulu lagi, kini apa saja yang bisa dilakukan di Taman Anggrek Bancea?

Camping di Tepi Danau Poso

Taman Anggrek Bancea adalah lokasi berkemah yang sangat nyaman. Pada sisi taman yang berdampingan langsung dengan danau Poso, terdapat tempat rata yang luas dan bisa dijadikan camping ground.

Taman Anggrek Bancea (Dok. Pribadi)
Taman Anggrek Bancea (Dok. Pribadi)

Bagi anda yang senang berkemah, taman ini bisa jadi pilihan yang tepat. Terlebih bila anda menyukai lokasi berkemah yang sunyi dan sejuk. Pepohonan rindang di sekeliling camping ground serta teduhnya air danau Poso disebelahnya akan membantu anda menikmati aroma berkemah yang sesungguhnya.

Jikapun anda tak ingin berkemah tapi anda butuh tempat untuk beristirahat, di Taman Anggrek Bancea terdapat bangunan yang bisa anda jadikan tempat mampir dan beristirahat di terasnya. Lokasinya pun tak jauh dari tepi danau Poso.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN